Mengapa komputer tidak terkoneksi dengan shared folder Windows 7

Mengapa komputer anda tidak bisa tersambung ke sharing folder Windows sehingga terjadi error Windows can’t access computer name/nama file beserta foldernya?

Jika ping berhasil tapi sharing folder tetap tidak bisa di akses langkah pertama adalah mengecek network profile anda apakah masuk ke Public Network atau Work/Home Network.  Kemudian cek hak aksesnya seperti gambar berikut:

Network Profile

Jika komputer anda berada di lingkungan Home/Private Network pastikan bahwa Turn on Network Discovery dan Turn on file and printer sharing tercentang atau jika komputer anda berada di jaringan Public maka anda harus mencentang opsi “Turn on sharing to anyone with network access can read and write files in the Public Folder” setelah itu klik Save changes.

Jika itu sudah anda lakukan tetapi masih gagal ada kemungkinan penyebabnya adalah blocking firewall di komputer anda. Untuk itu anda perlu membuka firewall anda dengan cara:

  1. Masuk ke menu Control Panel->System Security->Windows Firewall
  2. Lalu klik Advanced Settings.
  3. Kemudian klik Inbound Rules
  4. Perhatikan semua daftar yang ada tulisan “File and Printer Sharing….”

Lihat gambar

firewall Inbound Outbound

Mengacu pada websitenya Microsoft bahwa untuk koneksi ke Sharing folder dan sharing printer server harus membuka port sebagai berikut:
Connection Ports
TCP
139, 445
UDP
137, 138

Buka salah satu dari daftar File and Printer Sharing Firewall tersebut.  Misal “File and Printer Sharing (NB-Datagram-In)” lalu menuju bagian Advanced.  Lihat gambar berikut:

mengijinkan firewall pada shared folder windows 7

Terlihat di sana bahwa File and Printer Sharing hanya mengijinkan jika komputer kita koneksi profilnya adalah Private atau Public.

Jika sudah tahu masalahnya sekarang pemecahannya sederhana.

  • Buka menu Control Panel->Network and Internet->Network and Sharing Center
  • Kemudian pilih adapter yang digunakan untuk jaringan koneksi.
  • Ubah jenis koneksinya dari Home Networks menjadi Work/Public Networks seperti dibawah ini:

setting network

Jika sudah selesai, sekarang tinggal tes di komputer client.  Jika masih ada masalah periksa Outbound Rules-nya firewall di komputer client apakah kena block juga port tersebut di atas.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *