Cara Menginstall dan menjalankan HeidiSQL di Linux

HeidiSQL adalah database administration tools untuk mysql, postgresql, SQL Server yang berplatform Windows.  Meskipun demikian tools database tersebut dapat berjalan di Linux dengan menggunakan Wine.

Instalasi HeidiSQL di Linux sangatlah mudah.  Langkah pertama tentu saja anda harus menginstall Wine terlebih dahulu.  Tekan CTRL+ALT+T lalu ketik perintah:

sudo apt-get install wine

Tunggu sampai instalasi wine selesai. Jika sudah, buka file instalasi HeidiSQL anda dengan cara klik kanan lalu pilih Wine Windows Program Loader seperti di bawah ini:

Install Heidisql LINUX

Akan keluar tampilan seperti berikut:

tampilan instalasi HeidiSQL Linux
tampilan instalasi HeidiSQL Linux

Tekan next dan ikuti petunjuk dalam penginstalan tersebut hingga selesai.

Langkah selanjutnya ialah konfigurasi di Wine.  Pertama-tama buka menu Configure Wine.  Setelah itu klik Add Application lalu cari file heidisql.exe di folder C:\Program Files\HeidiSQL(kalau di Linux folder absolutnya ada di /home/nama user/.wine/drive_c/Program Files/HeidiSQL).  Setelah selesai lalu klik Open.

aplikasi heidisql di wine

Jika sudah buka HeidiSQL di sub menu Wine seperti di bawah ini:

HeidiSQL di linux

Jika anda menggunakan Ubuntu dengan Desktop Unity anda bisa cari di Unity Dash(menu pencarian desktop tersebut).

Setelah HeidiSQL terbuka, sekarang langkah pertama adalah membuat session.  Klik tombol new lalu di bagian Session Name beri nama misal localhost.  Isi User, password sesuai database yang anda pakai lalu klik save.  Setelah selesai klik open.

heidisql di Linux

Berikut adalah tampilan HeidiSQL di Linux penulis yaitu TriSquel Mini Versi 7.0 yang dibuka dengan menggunakan Wine.

HeidiSQL di Linux

Karena tidak menggunakan sistem operasi aslinya,  HeidiSQL di Linux punya kelemahan sedikit yaitu tampilan fontnya kurang begitu baik.  Meski begitu semua fitur yang ada di dalamnya bisa berfungsi dengan normal sama seperti di Windows.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *