File Manager TriSquel vs File Manager Ubuntu

Sebagai distro alternatif Ubuntu, TriSquel  menawarkan sedikit keunggulan dibanding Ubuntu salah satunya adalah PCManFM file manager.  File Manager ini mempunyai kelebihan apabila dibandingkan dengan Nautilus kepunyaan Ubuntu.  Beberapa keunggulan tersebut adalah:

  1. Lebih Aman
    Di nautilus anda bisa membuka disk/media yang dimount secara langsung, tapi PCManFM setiap membuka disk/media anda harus memasukkan password terlebih dahulu.  Memang terasa sedikit merepotkan, tapi kalau dilihat dari segi keamanan hal tersebut jelas lebih baik karena dapat mencegah tangan-tangan jahil yang bisa mengakses file anda.
  2. Open terminal di current directory.
    Fitur ini juga tidak ada di nautilus ubuntu. Meskipun bisa anda harus menginstall package tambahan. Tapi kalau di PCManFM fitur ini secara default sudah disediakan.  Cukup dengan menekan menu Open Current Terminal seperti gambar dibawah maka jendela LXTerminal langsung bisa terbuka(terminal emulator di Ubuntu adalah Gnome Terminal, sedang TriSquel Mini menggunakan LXTerminal.  Untuk melihat perbedaannya silahkan buka LXTerminal vs Gnome Terminal).
    PCManFM File Manager TriSquel Mini
  3. Eksekusi perintah di current folder
    Fitur ini berguna untuk mengeksekusi file yang ada di folder yang sedang anda browse.  Fitur ini berguna jika anda membuka aplikasi visual, sedang untuk membuka service semisal mengetikkan perintah:
    sudo apache2 restart
    Tidak menimbulkan efek sama sekali.
    Tetapi semisal membuka aplikasi netbeans
    sh netbeans
    Asal saat mengeksekusi di current directory netbeans maka aplikasi tersebut bisa terbuka.

Untuk fitur-fitur lain masih sama dengan Nautilus Ubuntu di antaranya:

  1. Akses Jaringan
    PCManFM menyediakan fitur akses ke SSH, FTP dan WebDAV
  2. Akses ke Windows Network
    Sama dengan Nautilus, file manager ini dapat juga mengakses ke Windows Network ataupun Samba Server.
  3. Bookmarking
    PCManFM juga menyediakan fitur bookmarking untuk akses folder lebih cepat, fitur yang juga ada di Nautilus.
  4. Change Owner dan Permissions dari suatu folder.

Meskipun mempunyai beberapa kelebihan dibanding Nautilus tetapi ada satu kekurangan yang dipunyai PCManFM yaitu tidak adanya fitur pencarian.  Tapi anda bisa mengatasinya melalui terminal dengan mengetikkan perintah:

find nama file anda

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *