Cara membuat hotspot Windows 7 dengan command prompt

Untuk membuat hotspot di Windows 7 tiap-tiap PC atau Laptop punya cara yang berbeda-beda.  Pada PC tertentu ada yang hanya menekan tombol Fn+F2(yang ada gambar wireless) maka hotspot langsung bisa digunakan.

Tetapi pada PC lain yang tidak ada keyboard untuk menyalakan hotspot maka anda harus menggunakan software atau agar lebih mudahnya menggunakan command prompt (file cmd.exe) yang nantinya disimpan ke dalam file bat. untuk menyalakan wireless.  Adapun langkah-langkah membuat hotspot WIFI adalah sebagai berikut:

Cek access Point

Sebelum membuat hotspot yang perlu dipahami dahulu adalah apakah wireless card anda support dengan access point atau tidak.  Untuk mengetahuinya buka Start->Run.  Ketik cmd.exe lalu  ketikkan perintah berikut:

netsh wlan show drivers

Lihat pada bagian Hosted network supported seperti dibawah ini:

netsh wlan show driversJika isinya adalah berarti wireless card anda bisa digunakan sebagai router access point, tetapi jika tidak maka anda harus membeli USB dongle.

Buat dan Set HostedNetwork

Buka Start->Run.  Ketik cmd.exe lalu ketikkan perintah seperti berikut:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=abc key=123456789
netsh wlan start hostednetwork

Ganti teks yang di beri warna merah dengan nama SSID yang anda kehendaki dan ganti teks yang berwarna hijau sesuai password yang anda kehendaki.

Simpan di File Bat

Agar tidak berulang-ulang anda bisa menyimpanya sebagai file bat.  Buka notepad anda lalu copy paste perintah di atas.  Setelah selesai klik Save as lalu pilih all files, simpan dan beri nama misal startwifi.bat.

cara membuat hospot window 7Perintah pause sebagaimana di atas semata-mata berguna untuk mengetahui apakah perintah berjalan sukses atau tidak.

Untuk menjalankannya anda tinggal klik kanan lalu pilih Run Administrator.  Jangan diklik biasa karena perintah netsh adalah perintah sistem yang membutuhkan administrator.

file batch window 7

Jika berhasil seperti gambar di atas maka secara otomatis Windows membuat hardware baru Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter dengan nama Wireless Network Connection 3 seperti dibawah berikut:

koneksi jaringan hotspot di laptop windows 7

Untuk mengecek apakah hotspot berhasil atau tidak silahkan buka android anda lalu nyalakan wifi.  Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah.

android koneksi ke wifi

Internet Connection Sharing

Agar HP android anda terhubung ke internet maka perlu dibuat Internet Connection Sharing.  Cara membuatnya juga sangat mudah.  Langkah-langkahnya:

  1. Pilih Adapter yang anda gunakan untuk koneksi Internet anda.  Seperti terlihat dalam gambar, karena saya menggunakan modem maka saya klik Mobile Broadband Connection.
  2. Setelah itu klik properties.  Lihat gambar bawah:
  3. Buka tab sharing lalu centang yang ada tulisan Allow Network users to connect …., setelah itu klik combo box seperti gambar dibawah lalu pilih Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter yang anda buat tadi.  Setelah selesai klik OK.

FAQ:

  1.  Mengapa setelah berhasil membuat internet connection sharing android saya masih gagal tersambung ke internet?
    Cek koneksi anda dengan mengklik bar yang ada di sebelah pojok bawah kanan.  Biasanya jika gagal akan tertulis no Internet access.

Langkah yang perlu anda lakukan adalah mendisable adapter untuk koneksi(Microsoft Virtual Wifi Miniport), setelah itu di enable lagi, lalu eksekusi file bat yang anda buat tadi.

2.  Mengapa terjadi error “The hosted network couldn’t be started.  The group or resource is not in the correct state to perform the requested operation”?

Itu karena Wireless NetWork Connection anda didisable, untuk itu anda harus mengenablekan lagi.

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *