Browser selain Firefox di Windows

Browser-browser yang beredar di dunia rata-rata menggunakan 2 browser engine yaitu Webkit dan Gecko.  Webkit adalah  engine yang digunakan oleh Chromium Project sedangkan Gecko digunakan oleh Firefox dan juga beberapa browser yang serupa seperti SeaMonkey, PaleMoon dan lain sebagainya.

Browser-browser yang berkualitas selain Firefox  rata-rata memang didominasi dari Chromium Project. Selain tampilan yang bagus, browser-browser itu mempunyai kelebihan masing-masing.  Dan berikut adalah daftar browser terbaik selain Firefox yang punya fungsi berbeda-beda:

Browzar

Browzar browser alternatif firefox

Jika anda menginginkan browser yang aman, tidak meninggalkan cookie, history dan lain sebagainya anda bisa menggunakan Browzar.  Ini adalah sebuah browzar portable yang secure karena ketika sudah tidak digunakan untuk berselancar maka history, cookie, temporary internet file, temporary java file dan flash local object otomatis terhapus semua.

K-meleon

K-Meleon browser enteng

Browser ini dilihat dari segi interfacenya seperti Internet Explorer, padahal aslinya K-Meleon menggunakan mesin yang sama dengan Mozilla Firefox yaitu Gecko.  Jika dilihat dari segi tampilan seperti tidak meyakinkan sebagai browser yang handal, tapi sebenarnya K-Meleon punya fitur yang sangat-sangat bagus yaitu blokir popup, java, image dan javascript secara langsung.  Di samping itu untuk download browser ini termasuk kencang dibandingkan dengan browser lain.

Citrio

Citrio Browser Elegan alternatif firefox

Kalau dilihat sekilas browser ini mirip sekali dengan Baidu Browser.  Memang, Citrio adalah termasuk browser yang menggunakan Chromium Project di samping Opera, Chrome, Baidu dan Yandex. Di samping berpenampilan elegan, Citrio punya keunggulan yaitu enteng dan download lebih cepat.

Cowoon

Cowoon browser spesial gamers

Browser Cowoon ini spesial diciptakan untuk gamers.  Adapun fitur-fitur Cowoon di antaranya adalah:

  1. support mouse gesture keys(tutup tab, page up, page down) dan lain sebagainya cukup menggunakan mouse,
  2. Multilogin site yaitu anda dapat login pada website yang sama dengan dua akun yang berbeda,
  3. Game Extensions dan Bot
  4. Record and Play, untuk pekerjaan yang berulang-ulang anda tinggal merekam dan kemudian menjalankannya.
  5. Support GamePad

Midori

Midori browser ringan pengganti Firefox

Midori adalah browser yang menggunakan webkit sebagai enginenya.  Akan tetapi berbeda dengan Cowoon atau Citrio, browser ini tidak memakai Chromium project dan lebih mengandalkan GTK, WebkitGTk serta Libsoup sebagai librarynya.  Kelebihan Midori ialah simpel dan ringan.  Browser ini tidak dianjurkan untuk digunakan di website yang terlalu banyak Javascriptnya karena rentan crash.  Untuk fitur-fitur lainnya masih sama dengan browser-browser lainnya.

Opera Neon

Opera Neon Browser selain firefox terbaik

Boleh di kata untuk tahun 2017 ini Opera Neon adalah browser terbaik di dunia.  Navigasi yang user friendly, desain yang begitu yahud, serta beberapa fitur istimewa menjadikan Opera Neon menjadi browser kelas wahid.  Sayangnya untuk rilis pertamanya ini opera neon tidak/belum support ekstensi dan kadang mengalami crash.

Vivaldi

Vivaldi windows browser

Sebuah browser yang namanya terinspirasi dari komposer Italia terkenal Antonio Vivaldi.  Vivaldi adalah browser yang pemrakarsanya Jon Stephenson von Tetzchner(Co Founder Opera) dan Geir Ivarsøy.  Browser yang bermesin sama dengan Chrome/Opera yaitu Chromium ini mulai diluncurkan pada bulan April 2016 dan bisa berjalan di sistem operasi Windows, Linux dan Max.

Dari segi fitur Vivaldi hampir sama dengan Opera Stable, bahkan di bagian tertentu mereka lebih unggul karena menyediakan fitur notes, take screenshoot dan task manager yang notabene tidak ada di Opera Stable.

Dan berikut adalah tabel perbandingan browser uang tersebut di atas dinilai dari berbagai 3 segi yaitu OmniBox, Speed Dial dan ekstensi/add-ons

Nama Browser OmniBox Speed Dial Ekstensi
Browzar N N N
K-Meleon Y N N
Citrio Y Y Ya dari Chrome Webstore
Cowon Y Y Ya dari Chrome Webstore
Midori Y Y N
Opera Neon Y Y N
Vivaldi Y Y Ya dari Chrome Webstore

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *