Koneksi Android ke VirtualBox dengan kabel data

Jika di artikel sebelumnya penulis menguraikan cara terhubung android ke virtualbox melalui wifi dengan model Bridge Networking, maka kali ini dengan konsep yang sama penulis mencoba menghubungkan android ke VirtualBox dengan memakai kabel data di Windows 7.

Sebagai catatan, cara ini adalah cara alternatif jika di PC anda tidak support jaringan wireless access point, karena bagaimanapun juga koneksi melalui jaringan wireless tetap lebih menguntungkan dibandingkan dengan kabel data.

Setting Penambatan USB di Android Device

Masuk ke menu pengaturan->selengkapnya->klik menu penambatan USB. Tiap-tiap android device mungkin punya cara yang berbeda-beda tetapi sebagai gambaran bisa lihat gambar berikut:

Penambatan USB

Jika berhasil maka di sistem Windows 7 otomatis membuat hardware baru yaitu Remote NDIS based Internet Sharing Device seperti yang dilingkari merah gambar di bawah berikut.

Remote NDIS based internet connecition sharing

Setting Model Bridge Networking di VirtualBox

Buka menu Pengaturan di Virtualbox anda lalu pilih Network. Setelah selesai setting salah satu adapter ke model Bridge Networking, lalu pilih attach devicenya Remote NDIS based Internet Sharing Device seperti gambar berikut:

Setting Bridge Networking VirtualBox

Pengaturan IP

Buka VirtualBox anda lalu setting IP adapter LAN sebagai berikut:

IP Address: 192.168.137.8

SubNet Mask: 255.255.255.0

Lihat gambar di bawah ini:

Setting IP VirtualBox

Jika sudah selesai, anda bisa coba dengan ping alamat 192.168.137.8 tersebut di atas dengan aplikasi ping tools Android yang tersedia di Google Play. Atau kalau ingin gampang install xampp di VirtualBox lalu ketik alamat http://192.168.137.8 di browser android. Dan jika berhasil maka web server di VirtualBox anda akan bisa di akses dari Android Device seperti ini:

Akses Xampp Web server di Android

Sebagai catatan, alamat 192.168.137.8 itu bersifat relatif asal tidak berbenturan dengan alamat IP di Android anda. Untuk mengetahui alamat IP android anda bisa coba pakai aplikasi IP Tools seperti berikut:

Cek IP dengan IP Tools Android

Terlihat di sana alamat IP dari Android Device penulis(yang dilingkari warna merah) adalah 192.168.137.100, jadi untuk setting di VirtualBox harus di luar alamat tersebut.

Jika anda ingin VirtualBox terkoneksi dengan internet anda bisa lakukan prosedur sebagai berikut:

  • Setting internet Connection Sharing anda ke Remote NDIS based Internet Sharing Device
  • Buka VirtualBox anda lalu di menu setting LAN Adapter tadi anda tinggal isi Gateway dengan IP 192.168.137.1 dan DNS address 192.168.137.1

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *