Membuat Video Presentasi dengan software gratis

Fitur konversi PowerPoint ke Video sudah ada di versi PowerPoint 2010 ke atas, akan tetapi bagi pengguna Microsoft PowerPoint 2007 ke bawah dan juga LibreOffice Impress tentunya bakal kesulitan untuk membuat video presentasi dari slide show PowerPoint/LibreOffice Impress.Untuk mengatasi kendala tersebut ada cara yang sangat mudah untuk membuat video presentasi olahan PowerPoint/LibreOffice Impress dengan software yang bisa anda dapatkan secara gratis.  Cara ini bisa diterapkan di Linux maupun Windows.  Format video yang didapat dari software tersebut ini juga memuaskan karena mendukung juga untuk format dengan resolusi tinggi seperti HD 1080i/HD 1080p.  Konsep yang penulis berikan untuk membuat video presentasi dari powerpoint ini sebenarnya sangat sederhana yaitu:

Buat file presentasi

Anda bisa menggunakan sembarang software untuk membuat presentasi entah itu LibreOffice Impress, Microsoft PowerPoint 2007 atau OpenOffice impress juga tidak masalah yang penting bisa digunakan untuk slide show.

SlideShow seperti biasa

Untuk slideshow dalam contoh ini penulis menggunakan LibreOffice Impress .

membuat klip presentasi dengan Libreoffice Impress

Tekan tombol yang dilingkari warna merah untuk menampilkan opsi slideshow, kemudian klik tombok berwarna biru untuk slideshow.

Rekam dengan software screen recorder

Inti membuat video presentasi adalah bagian ini karena anda harus mempunyai software screen recorder yang bagus.  Software screen/desktop recorder baik Linux ataupun Windows sangat banyak.  Tapi sayangnya yang kualitas istimewa biasanya berbayar.  Sekalipun ada yang gratis(Freemium) kualitasnya sangat mengecewakan.   Jika anda memakai Windows anda bisa mencoba https://technet.microsoft.com/en-us/library/2009.03.utilityspotlight2.aspx atau srecorder, atau FreeStudio sebuah software lengkap pemroses video dan audio mulai download hingga convert. dimana recording desktop juga disertakan dalam salah satu toolnya.  Yang terakhir ini penulis rekomendasikan karena kualitas hasil rekamannya benar-benar bagus dan layak jika ingin diupload ke Youtube .   Sedang untuk Linux anda bisa mencoba RecordMyDesktop atau rekomendasi penulis ialah SimpleScreenRecorder karena hasilnya lebih bagus.

Jika software screen/desktop recorder tersebut sudah anda dapatkan dan diinstall, slide show presentasi PowerPoint anda lalu rekam dengan software tersebut.

Edit dengan software video editor

Karena memakai teknik dengan merekam desktop tentu saja hasilnya kurang sempurna karena mungkin saat mulai slide atau mengakhiri slide masih kelihatan terekam, oleh karena itu kita perlu memotongnya dengan Video Editor.  Adapun untuk software Video Editor penulis menganjurkan memakai OpenShot Video Editor karena di samping gratis juga cukup berkualitas.  Software ini versi stabilnya menggunakan Linux dan untuk Windows hanya tersedia untuk 64 bit.  Dan alasan kenapa software tersebut hanya tersedia di 64Bit ialah karena software tersebut membutuhkan memori besar, sedang Windows 32 bit maksimal pemakaian RAM cuma 2GB, berbeda dengan Linux di mana yang versi 32bit masih bisa membaca RAM hingga 8GB.

Untuk sekedar mengingatkan saja, jika Windows anda 32 bit dan RAM yang tersedia cukup besar jangan pernah memaksa dengan patching agar bisa membaca RAM dengan ukuran besar karena berakibat fatal yaitu service windows anda akan mati semua.  Lebih baik anda instal ulang Windows tersebut ke 64 bit, lebih tidak beresiko dan juga lebih hemat waktu karena tidak berurusan dengan troubleshooting.

Jika OpenShot sudah terinstall, buka software tersebut lalu tambahkan video yang anda edit tadi dengan mengklik tombol yang dilingkari putih.  Setelah selesai maka video yang anda buat tadi masuk ke project anda seperti yang dilingkari warna merah.

OpenShot Video Editor
Tambah Video OpenShot Video Editor

Jika sudah drag drop dari project files yang dilingkari warna putih ke Video editor track yang dilingkari warna merah seperti gambar bawah.

Openshot Video Editor
Drag Drop Video

Kalau sudah selesai sekarang kita tinggal memotong Video tersebut dengan cara gerakkan red line (yang penulis lingkari putih) ke arah bagian yang akan dipotong.  Setelah itu klik kanan->Slice all, ada beberapa opsi yang bisa dipilih(lihat gambar bawah) yaitu keep both sides, keep left side and keep right slide.

Openshot Video Editor
Setting Slider
  • Keep Bothsides:
    Memotong klip menjadi dua bagian.
  • Keep Left Side
    Bagian sebelah kanan dari red line saja yang dipotong, sedang kiri red line masih utuh.
  • Keep Right Side
    Bagian sebelah kiri dari red line saja yang dipotong sedang yang di kanan masih utuh.

Jika sudah selesai memotong Video tersebut sekarang klik File->Export Video seperti gambar dibawah ini:

OpenShot Video Editor
Eksport Video

Ada beberapa jenis format video yang bisa diekspor yaitu mp4,MPEG,OGG,AVI, MOV, WEBM dan FLV. Pilih yang bagus menurut anda. Jika sudah selesai klik Export Video seperti terlihat dalam gambar bawah ini:

Cara konversi PowerPoint ke Video dengan openshot
Pilihan File Format

Agar lebih menarik lagi silahkan ciptakan ide sendiri agar video tersebut bisa dipotong-potong, disambung-sambungkan dan diberi efek dalam menu yang tersedia di OpenShot Editor.  Silahkan anda baca tutorial openshot bahasa Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut.

Dan berikut ini hasil slide PowerPoint yang diolah ke video dengan menggunakan SimpleScreenRecorder dan OpenShot Video Editor.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *