OpenShot Editor Video Gratis Berkualitas Bagus

Jika anda pernah mencoba WonderShare FilmOra, editor video ini boleh dikatakan hampir sama fitur dan kemampuannya.Software editor video untuk PC yang dibuat oleh Jonathan Thomas, seorang warga Texas Amerika Serikat, ini rilisnya sudah lama yaitu tahun 2008.  Hanya saja selama beberapa tahun OpenShot Video Editor hanya dapat di jalankan dengan sistem operasi Linux.  Tapi sejak tahun 2014 mereka merilis untuk Windows 64 bit dan tentu saja anda bisa mendapatkannya secara gratis.

Jika dibandingkan WonderShare FilmOra ataupun software-software editor video premium lainnya semacam Sony Vegas atau Adobe Premiere tentu saja masih kalah bagus, tetapi paling tidak Openshot dengan dipadukan PowerPoint/LibreOffice Impress masih bisa diandalkan untuk membuat presentasi video sederhana.

Fitur-fitur dalam OpenShot cukup sederhana dan simpel.  Paling tidak dapat dengan mudah dipahami oleh orang yang awam edit video sekalipun.  Dalam software ini anda dapat menggabungkan antara gambar, musik serta video sekaligus.  Berikut ini adalah fitur-fitur yang keren di OpenShot:

  1. Edit video cepat dengan timeline.  Fitur ini cocok bagi pemula atau untuk edit video yang sifatnya butuh waktu singkat.
    TimeLine OpenShot Editor Video Gratis
  2. Transisi yang ada lumayan banyak, sekitar 30-an model transisi.
  3. Transisi otomatis.  Transisi ini secara otomatis tersedia saat anda menggabungkan video atau gambar dan anda tinggal mengeditnya saja.
  4. Berbagai macam efek image di antaranya Blur, Brightness and Contras, Chroma Key, Deinterlace, Alpha Mask, Negative dan Colour Saturation.
  5. Transformasi.  Anda dapat mengecil-membesarkan clip, memindahkan clip dengan cukup mudah. Berikut contoh transformasi yang diolah software video ini:
  6. Memotong dan menggabungkan clip.  Fitur ini sangat-sangat mudah penggunaannya sekalipun anda tidak terlalu paham masalah edit video.
  7. Eksport ke berbagai macam format video di antaranya AVI, MP4, WEBM, MOV dan OGG.  Anda tidak akan dipusingkan dengan masalah resolusi karena Openshot menyediakan beberapa profile yaitu Blue Ray, DVD, Device dan Web.  Pada profile web sendiri OpenShot menyediakan pilihan eksport untuk berbagai situs seperti Youtube, Metacafe, Vimeo, Flickr, Picasa dan Wikipedia.
  8. Support berbagai macam format media, mulai gambar, video hingga musik mp3 semua bisa diolah OpenShot.
  9. Pemisah audio dan video.
  10. Animasi judul, untuk fitur ini anda harus punya software Blender terlebih dahulu.

Kelemahan openshot adalah sering terjadi crash sehingga aplikasi sering menutup sendiri.  Tapi kelemahan tersebut sudah diantisipasi developernya dengan menyediakan fitur autorecover sehingga anda tidak kehilangan pekerjaan yang begitu banyak.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *