TriSquel Mini Ubuntu Ringan Cukup Handal

Trisquel Mini adalah versi lain dari TriSquel yang dikembangkan oleh FSF (Free Software Foundation) yang dasarnya mengambil dari Ubuntu LTS. Distro ini termasuk ringan dan ukuran file instalasinya pun termasuk kecil hanya 600 MB jauh lebih kecil dibandingkan Ubuntu LTS versi client yang file instalasinya cukup besar lebih dari 1 GB.  Distro ini cocok digunakan bagi mereka yang koneksi internetnya berdasar volume based karena irit kuota download.

TriSquel Mini
Logo Trisquel

Karena berukuran kecil itulah maka software-software default yang disertakan dalam instalasinya cukup irit dan menghemat ruang hard disk.  Adapun software-software yang ada saat Trisquel Mini petama kali install adalah:

Office

Tidak seperti Ubuntu yang menyertakan LibreOffice, distro ini hanya menyediakan AbiWord, software pengolah kata seperti Microsoft Word yang cukup ringan karena tidak terlalu banyak fitur di dalamya.

Browser

Kalau Ubuntu menggunakan Firefox, untuk aplikasi browser distro ini menyediakan Midori sebagai browser default.  Browser alternatif selain Firefox ini search enginenya menggunakan Duck Duck Go, tapi anda dapat menggantinya dengan Google.
Tetapi bagi anda yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan Firefox anda bisa menginstall Abrowser. Browser ini fitur dan ekstensinya sama dengan Firefox(karena source codenya sama dengan Mozilla Project). Keistimewaan browser ini jika dibandingkan dengan Firefox adalah dari segi memori jauh lebih ringan.

Graphic

Untuk software graphic atau olah gambar distro yang di rilis pertama kali oleh University of Vigo Spain ini menyediakan ImageMagick.

Video

Untuk Video, distro linux yang berlogo Triskelion ini meggunakan Gnome Player atau Totem.

Download Manager

Untuk download manager TriSquel Mini menggunakan UGet, sedangkan untuk Torrent menggunakan Transmission.

Editor

Tidak seperti Ubuntu yang menggunakan Gedit, editor yang ada dalam distro ini menggunakan Leafpad.

Desktop

Tidak seperti Ubuntu yang menggunakan Unity, TriSquel Mini menggunakan LXDE sehingga terasa benar-benar ringan dan irit memori.

File Manager

File manager yang digunakan distro ini adalah PCManFM.  Mungkin terasa begitu asing, tapi file manager ini tidak kalah kualitasnya dengan Nautilius.

Package Manager

Seperti halnya Ubuntu, distro ini menggunakan Synaptic Pagckage Manager juga.

Untuk versi terkahir yaitu versi 7.0  ada beberapa kekurangan di distro tersebut di antaranya ialah:

  1. Jika anda menginstall untuk dual booting dengan Windows maka saat masuk Windows diharuskan menggunakan password.  Untuk mengetahui password tersebut anda bisa membuka file /etc/grub.d/01_PASSWORD dengan perintah
    sudo leafpad/etc/grub.d/O1_PASSWORD
  2. Mount drive error “Not authorized to perform operation” saat menggunakan PCManFM. Untuk mengatasinya anda harus koneksi internet dahulu untuk menginstall gnome policykit dengan mengetikkan perintah
    sudo apt-get install policykit-1-gnome

Dengan update secara online dan berkala maka beberapa error lainnya di distro ini dapat teratasi, termasuk juga saat dual booting dengan Windows anda tidak usah mengetikkan password lagi.

Dan berikut tampilan desktop TriSquel Mini setelah penulis modifikasi.

LXDE-Desktop Trisquel Mini

Karena menggunakan LXDE terlihat jauh lebih simpel jika dibandingkan dengan distro Linux lain yang menggunakan Gnome atau Unity.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *