7 Software alternatif pengganti Internet Download Manager

Internet Download Manager(IDM) memang begitu populer di dunia karena kelebihannya.  Tetapi bagi anda yang menginginkan pengganti Internet Download Manager banyak software opensource ataupun freeware  yang menyediakannya. Ke semua software  download manager tersebut baik dari segi kecepatan maupun fitur relatif sama yaitu:

  • Mendukung resume download
  • Mendukung multi simultan/multithreading download. Lihat penjelasan dibawah berikut:
    Proses download di browser umumnya bersifat single threading, artinya hanya satu perintah yang bekerja, membuka koneksi server kemudian memberi perintah GET dan tunggu sampai selesai.   Berbeda dengan download manager, mereka rata-rata menggunakan multithreading, beberapa perintah yang sama dikirim ke server download secara simultan.  Prosesnya adalah membuka koneksi, kemudian memberi perintah GET, di simpan di dalam temporary files lalu saat selesai semua file temporary tersebut dijadikan satu.  Karena menggunakan proses multithreading itulah rata-rata mendownload dengan download manager kecepatannya lebih tinggi dibandingkan dengan browser.

Dan berikut ini adalah daftar software  alternatif pengganti Internet Download Manager tersebut yang bisa anda dapatkan secara gratis tersebut.

BitComet

BitComet alternatif pengganti Internet Download manager

Software yang dibuat oleh BitComet Development Group ini kecepatan downloadnya sama dengan IDM.  Di samping itu mereka punya kelebihan lain yaitu download dari torrent dan preview video(khusus torrent).  Meski punya speed yang lumayan bagus, kelemahan BitCommet adalah performa karena menghabiskan memori dan bandwidth yang cukup besar dibanding IDM.

Free Download Manager

Free Download Manager pengganti IDM

Free Download Manager merupakan pesaing berat dari IDM karena fitur-fiturnya hampir sama seperti download Video dan kecepatan downloadpun tidak kalah jauh.  Di samping 2 hal tersebut, ada satu keunggulan dari Free Download Manager yaitu support download dari torrent.  Kelebihan lain dari FDM adalah tidak terlalu menguras memori dan bandwidth.

DownThemAll

DownThemAll add-ons pengganti Internet Download Manager

DownThemAll adalah download manager add-ons dari Firefox dan hanya support di browser tersebut.  Add-ons yang dibuat di tahun 2004 oleh 2 orang berkebangsaan Itali Federico Parodi dan Stefano Verna itu di samping bisa mendownload satu file juga punya kelebihan lain yaitu mendownload multilink dari sebuah halaman web.  Add-ons ini kecepatan download sama dengan IDM, hanya sayangnya kelemahannya adalah cukup menguras bandwidth sehingga anda akan kesulitan browsing dan download pada saat bersamaan.

Internet Download Accelerator

Internet Download Accelerator

Software download manager buatan Vjacheslav Viter dan Ruslan Voloshyn, 2 orang berkebangsaan Rusia tersebut fitur, kecepatan, pemakaian bandwidth dan memory sama dengan IDM.  Internet Download Accelerator untuk versi gratisnya kadang ada iklan yang sesekali muncul tapi tidak dalam bentuk Pop up sehingga tidak begitu mengganggu.  Untuk menghilangkan iklan tersebut anda bisa mengupgrade ke versi premium.

Xtreme Download Manager

Extreme Download Manager

Sesuai dengan namanya, kecepatan xtreme download manager memang benar-benar extreme.  Karena menggunakan Java sebagai mesinnya XDMan mempunyai kelebihan yaitu bisa dipasang untuk cross platform.  Boleh di kata kalau untuk Linux inilah software download manager terbaik karena kecepatan download XDMan melebihi software-software buatan native Linux seperti Fatrat atau UGet dan mungkin hanya Turbo Download Manager saja yang mampu menandingi kecepatannya.

Turbo Download Manager

Turbo Download Manager pengganti IDM

Turbo Download Manager boleh dikata paling komplet platformnya karena tersedia untuk berbagai platform yaitu Window, Linux, Mac OS dan Android.  Di samping itu Turbo Download Manager juga dapat sebagai add-ons yang tersedia di berbagai browser populer seperti Chrome, Opera dan Firefox.  Software yang dibuat dengan nama samaran inbasic ini(yang juga pembuat add-ons GMail Notifier) tampilannya boleh di kata cukup sederhana karena tidak ada menu apapun tetapi dari segi kecepatan tidak kalah dengan IDM.

EageleGet

EagleGet pengganti Internet Download Manager terbaik

Software download manager asal Beijing China ini memang kloningan IDM baik dari segi kecepatan dan fitur.  Jika freeware download manager lain tidak ada fitur  otomatis refresh download link jika ada perubahan alamat URL seperti IDM, tetapi Eagleget menyediakan fitur tersebut.  Di samping itu, EagleGet juga menyediakan fitur seperti DownThemAll yaitu download semua halaman link di browser dan ada fitur lainnya seperti support berbagai macam protocol seperti MMS, HTTP, HTTPS, FTP and RTSP.

Semua software tersebut kalau di nilai dari segi kecepatan relatif sama, tetap kalau dilihat dari segi fitur penulis merekomendasikan EagleGet sebagai pengganti IDM terbaik.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *