Cara menginstall add-ons atau ekstensi di browser

Add-ons adalah suatu fungsi tambahan dari browser yang biasanya berhubungan dengan kegiatan berselancar di internet, misal untuk mendownload file, konversi ke PDF, merubah tampilan website dan lain sebagainya.  Add-ons biasanya dapat di unduh di website masing-masing browser, akan tetapi hal itu tidak mutlak karena anda dapat membuat add-ons sendiri dan tentu saja menginstall sendiri.

Cara menginstall add-ons dari repository

Melalui menu

Cara install add-ons Firefox via menu

Arahkan mouse ke menu yang terletak kanan, lalu klik Add-ons seperti gambar berikut:

Install add-ons di Firefox
Gambar 1

Halaman add-ons terbuka, di sana ada pilihan-pilihan menu yaitu Get add-ons, extensions, Appearence, plugins, language dan service.  Pilih Get Add-ons maka halaman repository add-ons terbuka seperti berikut.

Gambar 2

Halaman di atas adalah halaman pembuka add-ons.  Untuk lebih detailnya klik See more add-ons maka anda akan dibawa ke halaman penginstalan resmi add-ons Mozilla seperti berikut:

Firefox add-ons site
Gambar 3

Cara install add-ons Chrome via menu

Klik menu settings di bagian kanan atas seperti gambar berikut:

Install add-ons/ekstensi chrome
Gambar 4

Jika sudah anda akan terbuka halaman add-ons atau halaman ekstensi chrome seperti berikut:

Chrome extensions page
Gambar 5

Klik get more extensions maka akan terbuka halaman Google Chrome Webstore dan anda bisa mencari dan menginstall ekstensi dari halaman tersebut.

Google Chrome Webstore
Gambar 6

Cara install add-ons Opera via menu

Klik menu ekstensi yang ada di sebelah kiri atas seperti berikut:

Menu ekstensi Opera
Gambar 7

Akan tampil halaman ekstensi browser Opera seperti di bawah ini:

halaman ekstensi browser opera
Gambar 8

Klik menu “dapatkan ekstensi lainnya”, maka akan terbuka halaman web tempat instalasi ekstensi opera seperti berikut:

Opera extensions page

Melalui URL address bar

Selan melalui menu ada cara lain yang lebih simpel yaitu cukup dengan mengetikkan beberapa alamat URL di masing-masing browser tersebut:

Cara menginstall add-ons Firefox via URL address bar

Firefox: about:addons

Cara menginstall add-ons Chrome/Opera via URL address bar

Chrome: chrome://extensions

Opera: opera://extensions

Setelah selesai, lalu klik menu/tombol yang ada tulisan get more extensions untuk Chrome/Opera atau get Addons untuk Firefox dan anda akan diredirect ke web daftar add-ons masing-masing browser tersebut.

Cara di atas adalah cara menginstall add-ons jika  add-ons tersebut di distribusikan melalui repository mereka.

Cara Install Add-ons Developer mode

Jika anda ingin membuat add-ons sendiri dan ingin memasangnya di browser maka harus melalui opsi developer mode. Opsi developer mode ini dikhususkan bagi pengembang/developer add-ons untuk testing aplikasi.

Pada browser Google Chrome dan Opera mode developer ini bersifat permanen artinya jika opsi developer mode dicentang maka untuk seterusnya add-ons atau ekstensi tersebut masih bisa digunakan.  Hal tersebut berbeda dengan Mozilla Firefox, opsi developer mode bersifat temporer, ketika browser direstart maka add-ons atau ekstensi anda sudah tidak bisa dipakai lagi dan anda harus memasangnya kembali.  Jika ingin opsi developer mode di browser ini bersifat permanen adalah install add-ons tersebut di Firefox Developer Edition

Dan berikut adalah cara install opsi developer mode di masing-masing browser:

Cara Install add-ons Firefox Mode Debugging/Developer

Klik menu add-ons seperti gambar 1 di atas, lalu masuk ke menu extensions ,setelah itu klik debug extensions seperti gambar berikut:

Developer/debugging mode add-ons FirefoxCentang opsi Enable add-on debugging setelah itu klik load temporary add-on seperti gambar berikut:

Cara menginstall add-ons Firefox debug modeCari file xpi dari add-ons yang sedang dalam proses debug.  Dan berikut adalah contoh hasil add-ons yang sudah penulis buat untuk proses debug, tampil di halaman add-ons yang dilingkari warna merah seperti berikut:

cara menginstall add-ons di firefox mode debugTampak di sana ada tombol reload menandakan bahwa jika ada perubahan saat develop maka tombol tersebut harus di klik agar saat dites kelihatan hasilnya.

Cara Install add-ons Chrome Mode Debugging/Developer

Lakukan proses yang sama saat menginstall add-ons/ekstensi chrome tersebut di atas hingga seperti gambar 5, lalu tinggal centang developer mode dan klik load unpacked extensions seperti gambar berikut:

Install ekstensi developer mode Google Chrome

Cari folder tempat develop extensions/add-ons.  Berbeda dengan firefox di mana developer mode harus file xpi yang di install, untuk Chrome dan Opera karena engine sama yaitu Chromium, untuk menginstall add-ons mode developer adalah cukup dengan meload folder yang di develop saja.

Dan hasil akhirnya adalah seperti berikut:

Hasil install add-ons developer mode Google Chrome

Cara Install add-ons Opera Mode Debugging/Developer

Lakukan langkah yang sama saat install ekstensi dengan opera hingga gambar nomor 8.  Setelah itu:

 

Tekan tombol Developer Mode seperti gambar di bawah berikut:

Developer Mode Opera

Klik Load Unpacked Extensions. Cara install developer mode opera

Dan hasil akhirnya adalah seperti gambar berikut:

Hasil install developer mode Opera

Cara Install Add-ons dari Non Repository

Ada kalanya suatu software download manager seperti IDM, EagleGet, Extreme Download Manager, add-ons atau ekstensinya distribusinya secara langsung atau tidak melalui repository browser.   Pada Chrome atau Opera mereka biasanya memberi petunjuk untuk memilih mode pengembang.  Tetapi hal itu tidak berlaku terhadap Firefox karena securitynya lebih ketat.  Semua add-ons di Firefox harus terdaftar resmi melalui tahap registrasi dan verifikasi.  Oleh sebab itu pengembang software tersebut biasanya menyuruh usernya untuk menginstall file xpi yang sudah disertakan di package installernya.

Adapun untuk menginstall file xpi itu caranya adalah sebagai berikut:

Klik menu add-ons seperti gambar nomor 2 di atas.  Setelah itu klik tab extensions lalu pilih load from file seperti gambar berikut:

Install Add-ons Firefox from file

 

Jika sudah, cari file xpi yang akan diinstall.  Dan berikut adalah contoh hasil install dari load from file add-ons buatan penulis yang sudah terverifikasi resmi di website Firefox.  Tanpa verifikasi resmi akan ditolak oleh browser Firefox dan keluar error “This add-on could not be installed because it appears to be corrupt”.

Hasil Install Add=ons permanen Firefox

Berbeda dengan developer mode, add-ons yang terpasang ini bersifat permanen.

Untuk mendapatkan file xpi seperti contoh di atas silahkan klik di sini untuk developer mode(mode debugging) dan klik di sini untuk yang sudah terverifikasi.  Untuk file xpi mode developer agar bisa diinstall di Chrome atau Opera harus di rename belakangnya jadi zip.  Lalu ekstrak dalam satu folder setelah itu lakukan langkah instalasi seperti tersebut di atas.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *