Puppy Linux ringan berkualitas lumayan

Puppy Linux sebagai distro linux ringan mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan distro lain di antaranya:

  1. Ukuran file relatif kecil hanya sekitar 300MB
  2. Instalasi untuk dual booting cukup mudah karena anda dapat menginstall melalui windows secara langsung.
  3. Penggunaan memori rendah.

Meski berukuran kecil, distro yang di develop oleh Barry Kauler dan komunitas penggemar Linux lainnya ini terhitung berani “menjejalkan” software-software yang jumlahnya relatif banyak.  Adapun beberapa software tersebut di antaranya:

 Pengganti Microsoft Office

Terdapat AbiWord dan Gnumeric sebagai pengganti MS-Word dan MS-Excel.  Dari segi kualitas memang jelas kalah dari 2 software kepunyaan Microsoft tersebut, tetapi paling tidak 2 software pengganti ini bisa digunakan untuk pekerjaan kantor yang sederhana.  Dan yang jelas 2 software tersebut mampu membuka file berekstensi docx dan xlsx tanpa kendala apapun, hanya sedikit tampilan berubah jika terdapat gambar.

CHM Viewer

Jika Ubuntu ada XCHM atau KCHMViewer, maka Puppy Linux menggunakan PZCHMView di installernya.  Berbeda dengan XCHM atau KCHMViewer yang membuka file chm langsung dari aplikasi, PZCHMView hanya mengekstrak saja file CHM tersebut ke format HTML lalu langsung dibuka di Firefox.

Browser

Jika TriSquel defaultnya adalah Midori maka Puppy Linux menggunakan Firefox sebagai browser utamanya.  Dari beberapa segi memang lebih unggul Firefox daripada Midori yang sering crash.

Developer IDE

Jarang sekali distro linux yang menyertakan software untuk develop web/aplikasi, tapi Puppy Linux punya perhatian terhadap hal tersebut sehingga menyediakan Geany untuk edit script PHP atau C++.

PDF

Sama seperti UBuntu, Puppy Linux juga menggunakan Document Viewer untuk membuka file PDF.  Di samping itu distro tersebut juga menyediakan PEasyPDF dan Puppy PDF untuk convert/join/extract PDF.

Terminal

Jika Ubuntu punya Gnome Terminal, distro yang desktopnya LXDE seperti Lubuntu dan Trisquel menggunakan LXTerminal maka Puppy Linux untuk membuka console application menggunakan ROX Terminal.  Bagi pengguna yang belum terbiasa memang membingungkan karena tidak ada menu sama sekali di aplikasi tersebut sehingga anda akan kesulitan jika akan mengcopy paste perintah di terminal itu.  Tapi bagi yang terbiasa akan begitu mudah karena terminal tersebut menggunakan keyboard sebagai pengganti menu perintah.

Paint

Sebagai pengganti GIMP yang ukuran instalasinya cukup besar, distro yang berlogo anak anjing ini menyediakan mtPaint.  Software ini memang tidak selengkap GIMP tapi untuk fasilitas menggambar secara basic sudah tersedia cukup lengkap bahkan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan MS-Paint.  Jika mungkin kurang cocok anda bisa mencoba pengganti MS-Paint di Linux seperti Pinta dan lain sebagainya.

Media Player

Sama seperti Ubuntu, Puppy Linux menyediakan Totem sebagai aplikasi untuk membuka file video atau music. Dengan dukungan codec terbaru yang sudah ada media player ini bisa membuka format video dalam bentuk apapun.

File Manager

RoxFiler Puppy Linux File Manager

Tidak seperti Nautilus atau PCManFM, Roxfiler kualitasnya kalah bagus. Dari segi tampilan, RoxFiler mirip File Explorer jaman Windows 3.1, dan bagi yang kurang biasa menggunakannya akan terasa agak aneh karena untuk browsing atau buka file hanya mengklik sekali saja.

Disk Manager

Sama seperti distro lainnya, puppy linux secara default sudah ada GParted untuk mempartisi hard disk.

Window Manager

Untuk mengirit memori dan ukuran file, sebagai pengusung platform Linux ringan, Puppy Linux menggunakan Joe’s Window Manager(JWM).  Jika melihat grafis desktop tersebut maka seakan-akan komputer kita dibawa ke jaman Windows 3.1

Dari segi keberagaman software memang Puppy Linux lumayan komplet kalau untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sederhana.  Hanya ada kekurangan sedikit yang cukup mengganggu yaitu sulit untuk mengakses internet karena konfigurasi wifi dial distro tersebut hanya cocok untuk modem-modem lama, sedang untuk modem-modem terbaru masih kesulitan untuk dial-up terutama bagi orang awam perintah Linux.

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *