Membuat gambar 3D di Libreoffice Impress

Salah satu kelebihan LibreOffice versi 5 ini adalah bisa mengkonversi gambar 2 dimensi menjadi 3D.  Di samping konversi, LibreOffice 5 mampu memvisualisasikan obyek 3D itu dari sudut perspektif yang berbeda.

Berikut ini langkah demi langkah membuat gambar 3D di LibreOffice Impress, buat file presentasi baru dengan mengklik menu File->new, pilih template yang tersedia setelah itu:

Tampilkan Toolbar Drawing

Pastikan Toolbar drawing sudah ada di aplikasi anda dengan cara klik menu View->Toolbars->Drawing

ToolBars drawing LibreOffice Impress
Gambar 1

Gambar di Canvas Slide

Pilih salah satu bentuk gambar tadi.  Penulis ambil contoh bujursangkar karena nantinya akan dibuat bentuk seperti gedung.

Convert 3D

Klik kanan gambar tersebut lalu klik kanan terus ke menu Convert dan pilih to 3D, jangan yang to 3D rotation object karena hasilnya adalah gambar itu akan berbentuk 3D tapi terkesan seperti tabung.

Klik kanan lagi gambar tersebut lalu pilih 3D effects.  Akan keluar form baru terdiri dari 5 tabs yaitu Geometry, Shading, Illumination, Textures dan Material.  Karena kita fokus di bentuk 3D maka pilih tabs Geometry, lalu ubah property Depth sesuai keinginan anda.  Agar sudut-sudut geometry lebih halus anda bisa juga mengubah property Rounded Edges, setelah selesai anda bisa klik tombol assign(tombol centang yang berwarna hijau).

Putar gambar tersebut dengan cara klik 2 kali hingga keluar penanda capture mouse berwarna merah seperti berikut:

Gambar 2

Lingkaran kecil tersebut(yang ditandai lingkaran merah) berguna sebagai titik pusat jika obyek 3D itu diputar-putar.

Jika berhasil maka akan keluar gambar kurang lebih seperti berikut.

membuat gambar 3D di Libreoffice Impress
Gambar 3

Silahan anda ubah beberapa properties seperti warna dan transparansi dengan mengklik properties seperti yang dilingkari warna merah di atas di sidebar aplikasi anda.

Sebagai variasi anda bisa menambahkan Fontwork di slide anda dengan cara klik di drawing toolbar anda fontwork gallery(lihat gambar 1).  Fontwork gallery tersebut kalau di aplikasi Microsoft Office sama dengan Word Art.  Pilih Fontwork gallery lalu taruh di slide anda.  Jika sudah selesai, edit tulisan tersebut dengan cara klik fontwork tersebut 2 kali lalu tulis sesuai keinginan anda seperti berikut:

FontWork LibreOffice Impress
Gambar 4

Edit properties Fontwork tersebut di sidebar aplikasi anda.  Ubah beberapa property seperti Fill, Transparency, Line dan lain sebagainya.

Sebagai catatan fontwork tersebut bisa anda ubah ke bentuk 3D dengan cara klik kanan lalu klik Convert to Metafile atau convert to bitmap, lalu di select lagi fontwork tersebut klik kanan dan pilih Convert to 3D.  Tapi karena fontwork tersebut sudah berbentuk 3D hal tersebut jelas tidak diperlukan kecuali kalau anda ingin variasi bentuk baru.

Agar gambar 3D itu bisa dipakai lagi anda dapat menyimpannya dengan cara klik kanan  lalu pilih convert To Bitmap. Setelah itu select lagi gambar tersebut lalu klik kanan lagi dan pilih Save To Graphics.

Selain dari drawing, anda bisa juga membuat 3D dari textbox, gallery atau file image dari luar dan lain sebagainya.  Hanya saja untuk gallery atau file image lain tidak dianjurkan karena hasilnya tidak memuaskan.

Jika gambar 3D sudah dibuat, anda bisa membuat animasi yang menarik di LibreOffice Impress dengan memanfaatkan gambar yang sudah ada.  Untuk membuat animasi tersebut sebenarnya hal yang tidak terlalu sulit hanya saja diperlukan kesabaran.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *