Cara Membuat dan Mengimport Template di LibreOffice Impress

Jika anda membuat presentasi baru secara otomatis maka file yang anda buat tadi bisa anda buat template untuk kemudian di masukkan ke Template Manager.   Meski tidak harus,alangkah lebih baiknya anda membuat slide master terlebih dahulu untuk kemudian dijadikan template.  Adapun cara agar file presentasi anda bisa menjadi sebuah template adalah:

  • Simpan di file dengan klik File->Save As lalu pilih dalam format ODF Presentation Template(berekstensi otp) untuk kemudian di importkan ke Template Manager(lihat point kedua dibawah mengenai cara mengimport template).
  • Langsung simpan di Template Manager

Perbedaan dari keduanya ialah:

Anda bisa menyimpan di file jika:

  • Template itu ingin anda ubah-ubah di kemudian hari
  • Template tersebut ingin anda sebarluaskan ke orang lain

Anda bisa menyimpan langsung di Template Manajer jika:

  • Template itu tidak ingin anda sebarluaskan ke orang lain.
  • Template tersebut bersifat tetap.

Sebagai catatan di sini yang diimport/disimpan sebagai template ke LibreOffice Impress adalah sebuah file dalam bentuk format stream, bukan mengacu ke referensi file anda.  Jadi jika terjadi perubahan. anda harus menghapus template lama anda di template manajer untuk kemudian di import kembali.

1. Cara Menyimpan Template di Template Manajer

Sebelum menyimpan template, agar lebih terorganisir anda bisa membuat kategori baru dengan cara klik menu File->Templates->Manages Templates lalu kli New Category seperti gambar berikut:

New Category LibreOffice Impress Template
Gambar 1

Namai kategori tersebut sesuai keinginan anda(misal “uang”) lalu klik OK.  Tutup form template manajer tersebut dengan cara klik cancel/close.

Kalau sudah selesai maka klik File->Templates->Save as.  Namai template anda sesuai keinginan(misal “cara cari uang di internet”) lalu taruh di kategori yang anda buat tadi(misal “uang”) seperti berikut:

Cara Menyimpan Template LibreOffice Impress
Gambar 2

Jika sudah selesai, untuk mengecek template yang anda buat tadi, anda bisa buka kembali menu File->Manages Template, lalu filter berdasarkan kategori tadi.

2. Cara Import Template

Template yang sudah disimpan dalam bentuk file berekstensi otp bisa anda import dengan cara buka menu File->Templates->Manages Templates lalu klik Import Template.  Pilih kategori yang sesuai lalu browse File template yang anda inginkan seperti berikut:

Cara Mengimport Template LibreOffice Impress

Klik Ok, lalu klik Open lalu browse file berekstensi otp/sti.  Anda bisa mengimport beberapa template sekaligus dengan menekan tombol CTRL+A atau CTRL+select mouse.  Jika sudah selesai maka saat filter template di kategori akan menjadi seperti gambar nomor 1 di atas.

Selain import dari template LibreOffice Impress, salah satu kelebihan software ini adalah kompatibilitasnya dengan PowerPoint.  Agar template yang dibuat dari Powerpoint(berekstensi pptx) bisa menjadi template LibreOffice Impress caranya cukup mudah yaitu buka template tersebut lalu Save as dalam bentuk format file ODF Presentation Template(*.otp), setelah itu import biasa seperti cara di atas.

Selain membuat sendiri atau mengambil dari template powerpoint anda juga bisa mendownload template dari tempat berikut.  Sebagian besar file-file tersebut adalah “peninggalan” dari OpenOffice.org dan sebagian ada yang berekstensi sti(Start Office Impress), tapi masih kompatibel dengan LibreOffice Impress.  Dan berikut adalah contoh preview dari template-template tersebut:

Template LibreOffice Impress

 

 

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *