Cara Membuat Slide Master di LibreOffice Impress

Slide master di software presentasi tidak ubahnya seperti template mail merge di aplikasi MS-Word yang berisi format template yang nantinya sebagai dasar pembuatan presentasi di slide utama.  Karena sebagai template dasar maka slide master sebaiknya dibuat pada awal pembuatan presentasi karena jika ada satu perubahan di slide master anda maka seluruh slide yang menggunakan slide master tersebut akan berubah.

Setiap pembuatan presentasi baru secara default paling tidak sudah ada satu slide master.  Jika diperlukan dalam satu presentasi anda bisa membuat beberapa slide master sehingga anda tidak perlu membuat slide-slide baru jika format slidenya berbeda-beda.

Adapun cara membuat slide master di LibreOffice Impress ialah klik menu View->Slide Master, dan untuk kembali ke slide utama klik menu View->Normal.

cara membuat slide master libreoffice impress

Perhatikan di slide master tersebut di sana ada 5 area yaitu Title Area, Obyek Area, Date Area, Footer Area dan Slide Number Area.  Dari 5 area tersebut yang tidak boleh di hapus adalah title area dan obyek area.  Selain itu, kedua area tersebut juga tidak boleh ada penambahan tulisan, yang diperbolehkan hanya mengganti tampilan saja misal style huruf warna font dan lain sebagainya.

Area Slide Master

Title Area

Adalah area judul dari suatu slide.  Biasanya area itu di atas, tapi pada contoh penulis tempatkan di bawah.

Obyek Area

Adalah area inti, tempat isi dari suatu presentasi.  Area tersebut telah diformat sedemikian rupa sehingga hanya bisa memuat poin-poin presentasi

Date Area

Adalah area tanggal.

Footer area

Adalah area kaki yang mungkin bisa diisi dengan logo atau nama organisasi.

Slide Number

Adalah area penomoran slide.

Penjelasan Title Area dan Obyek Area

Title Area dan Obyek Area berguna untuk memuat pokok-pokok presentasi.  Area ini berhubungan dengan menu Outline dalam presentasi anda.  Karena itu jika kita lihat format dalam Obyek area tersebut bertingkat-tingkat menandakan bahwa outline yang berisi poin-poin presentasi juga bertingkat. Adapun cara menggunakan Outline di LibreOffice Impress adalah sebagai berikut:

  • Klik menu View->Outline
  • Ketik judul presentasi di Outline nomor 1 misal “Cara mendapatkan uang dari Internet”, lalu di lanjutkan pokok-pokok bahasan yang akan ditampilkan(misal 1 “Dari Adsense, 2 “Adsense Alternative”.  Klik menu View->Normal, maka slide anda akan bertambah sesuai dengan jumlah nomor outline yang ada.
  • Taruh kursor mouse di outline nomor 2 lalu tekan enter, setelah itu klik menu Format->Lists->Demote atau tekan alt+shift+right.  Secara otomatis maka akan tampil bullet, lalu isi bullet tersebut  misalnya “Cara daftar adsense”.  Tekan enter lagi lalu isi “Cara agar disetujui adsense” dan seterusnya.  Jika anda ingin “Cara daftar adsense” itu menjadi title dari suatu slide maka klik Format->Lists->promote atau tekan tombol alt+shift+left.  Agar lebih jelas mengenai outline silahkan lihat gambar berikut:

Cara membuat outline Libreoffice Impress

Dan jika sudah jadi maka klik View->Normal lagi kira-kira menjadi seperti berikut:

Hasil cara membuat outline libreoffice impress

Tampak di sana ada 3 slide di mana di Title Areanya adalah poin-poin utama dari Outline yang sudah dibuat.  Agar bisa tampil secara keseluruhan baik Outline maupun slide normal/master maka anda bisa mengklik menu View->Modes Tab Bar.  Akan tampil 5 tabs yang berisi Normal, Notes, Outline, Handout dan Slide sorter.  Dimana:

  • Normal adalah tampilan slide secara normal/master
  • Notes adalah tampilan slides ditambah dengan catatan
  • Handout berguna untuk layout jika slide tersebut nantinya di print.
  • Slide sorter berisi secara keseluruhan slide anda dalam view yang cukup lebar.

Penjelasan Footer, Date Area dan Slide Number Area

Untuk melihat efek dari area ini anda bisa kembali ke view->normal.  Lalu klik menu Insert page number.

Header and Footer LibreOffice Impress

  • Pilih fixed lalu isi tanggal sesuai keinginan pada bagian date jika di area tanggal anda bersifat konstan atau jika ingin area tanggal merupakan tanggal sekarang maka pilih variable.
  • Centang Footer lalu isikan sesuai dengan keinginan anda jika footer ingin ditampilkan.
  • Centang Slide number jika nomor slide ingin di tampilkan.
  • Centang do not show on the first slide jika 3 area(Footer, Date, Slide Number) tersebut tidak ingin di tampilkan di slide pertama

Cara Menambah dan mengedit Slide Master

Untuk menambah slide Master yaitu dengan klik kanan di Slide Pane seperti berikut:

Cara Manambah Slide Master

Slide Master baru tersebut secara otomatis bernama yang berawalan “Default”, jika anda tambah baru lagi maka slide Master baru itu bernama “Default 1”, tambah baru lagi bernama “Default 2” dan seterusnya, anda bisa rubah nama tersebut sesuai keinginan dengan mengklik Rename Master.

Selain menambah atau mengedit slide master sendiri, anda bisa menggunakan menu slide master design seperti gambar di atas.  Klik menu tersebut maka akan keluar tampilan baru seperti berikut:

Slide Master Design LibreOffice Impress

Klik menu load lalu klik tanda + dekat tulisan preview, akan keluar tampilan seperti berikut:

Load Slide Master Design LibreOffice Impress

Klik OK maka slide baru tersebut akan ditambahkan di daftar design master.  Centang opsi delete unsed background untuk menghapus gambar background yang referensi filenya sudah tidak ada.  Klik OK sekali lagi maka slide master baru secara otomatis sudah di tambahkan.

Jika sudah selesai, anda bisa menghubungkan antara slide utama dengan slide master baru yang anda buat tadi dengan cara klik View->normal, setelah itu klik Properties di sidebar lalu lihat bagian Layout seperti berikut:
Slide Master Background LibreOffice Impress
Dengan mengganti-ganti slide master tersebut seperti di atas maka format tulisan ataupun background mengikuti slide master yang anda buat. Khusus untuk background anda harus memilih None agar sesuai slide master, jika anda ganti dengan yang lain maka background anda berubah sedang style huruf dan lain sebagainya masih mengikuti slide master.

Jika slide master sudah selesai dibuat dan mungkin suatu saat diperlukan anda bisa membuat slide master tersebut sebagai template untuk kemudian anda gunakan di presentasi lain.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *