Beberapa Cara Cerdik Saat Browsing

Ada kalanya saat browsing internet kita terhambat oleh sesuatu hal misal tidak bisa klik kanan, terblokir oleh internet positif dan lain sebagainya.  Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut:

1. Cara menghindari blokir internet positif

Jika anda memakai Mozilla Firefox atau Google Chrome anda bisa menggunakan anonymox.  Tetapi saran saya lebih baik menggunakan browser Opera karena sudah disediakan fitur VPN di mana kecepatan dan kapasitas download tidak dibatasi.

2. Cara klik kanan pada browser

Saat mengunjungi suatu website mungkin anda agak jengkel karena web tersebut mengeblok klik kanan mouse anda. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menonaktifkan JavaScript.  Ada beberapa cara agar Javascript tidak aktif yaitu:

2.1 Cara Manual.

Browser Opera:

Klik menu->Settings.  Lalu pilih web settings dan pilih Do Not allow site to run Javascript.

Browser Mozilla Firefox:

Sejak Firefox 23 menu disable Javascript sudah dihilangkan karena itu anda harus mencoba cara sebagai berikut:

  1. Ketik about:config di url address browser.
  2. Akan muncul pesan warning, abaikan dengan klik I accept the risk.
  3. Kalau sudah cari key javascript.enabled, ubah dari true menjadi false dengan klik 2 kali.

Browser Chrome:

  1. Klik menu Settings.  Lalu klik show adanced settings.
  2. Klik Content Setting, lalu pilih Do Not Allow Any Sites to run Javascript lalu klik Done.

2.2 Memakai web ekstensi atau add-ons

Cara ini lebih praktis dan fleksibel karena anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan Javascript kapan saja.

Opera

Gunakan Javascript switch On|off

Mozilla Firefox

Gunakan NoScript Add-on

Google Chrome

Gunakan Quick Javascript Switcher

2.3 Install browser K-Meleon

Install K-Meleon karena di samping ringan juga karena punya fitur blocking yang bermacam-macam seperti Javascript, Java, Image dan HTTP Referer.

3. Cara melihat alamat url web di StumbleUpon

Bagi penggemar situs StumbleUpon, saat mengunjungi web yang menarik mungkin anda ingin mengunjungi secara langsung.  Sayang sekali fitur tersebut tidak ada dan juga karena halaman tersebut di beri Frame.  Untuk bisa melihat halaman URL yang sebenarnya anda bisa mengklik kanan lalu klik view framesource.

how Frame Source StumbleUpon

Lalu copy paste halaman url ke url address browser anda mulai dari tulisan http:// sampai akhir seperti pada gambar berikut:

Show Url StumbleUpon

4. Cara Zoom dengan mudah

Zooming di browser memang sangat merepotkan karena harus menekan tombol keyboard CTRL++ atau CTRL–.  Jika anda malas menekan keyboard bisa install Zoom extension di browser Firefox, Opera ataupun Chrome.

5. Cara search tanpa harus meninggalkan halaman

Mungkin saat mengunjungi suatu website ada kata-kata yang tidak anda ketahui.  Agar tidak lagi repot membuka halaman baru lagi untuk searching anda bisa menginstall ekstension UltraLink. Cukup hover mouse di tulisan yang anda tuju maka akan tampil pengertian kata tersebut di wikipedia seperti gambar berikut:

URLLink

6.  Cara mengatasi nomor telepon hangus di Paypal

Untuk login ke Paypal sekarang sama seperti google harus menggunakan nomor telepon.  Ini tentunya akan sangat merepotkan jika nomor telepon anda sudah tidak terpakai/hangus.  Untuk mengatasinya anda bisa mereset password anda.  Setelah konfirmasi password baru anda otomatis di redirect ke halaman profil dan anda bisa merubah nomor telepon lama anda ke yang baru.

7. Cara menghemat bandwidth di browser PC

Bagi anda yang ingin menghemat kuota data selain memakai browser tanpa javascript anda juga bisa melakukan cara berikut:

  • Install add-ons adblock plus di browser
  • Jika anda memakai Chrome atau browser lain yang menggunakan Chrome Webstore semacam Yandex, Vivaldi atau Baidu anda bisa memakai Heroku.  Ekstensi tersebut mengompresi image anda hingga hanya menjadi hitam dan putih saja.

Selain menghemat bandwidth, dengan dua cara diatas juga menambah kecepatan browsing hingga beberapa kali lipat.

Dan berikut ini hasilnya, dimana saat mengunjungi kaskus yang normalnya membutuhkan 5MB lebih terkompresi hingga kurang dari 1MB.

Save BandWidth

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *