Mengatasi masalah authentikasi wifi Android

Mungkin anda pernah mengalami kejadian di mana android phone anda meminta authentikasi terus menerus dari hotspot yang anda buat sendiri. Hal itu penyebab utamanya adalah hp android anda gagal membaca DHCP range dari hotspot tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Cek IP Hotspot Wifi

Cek terlebih dahulu IP yang dialokasikan otomatis dari sistem saat membuat hotspot dengan cara klik men Start->Run, ketik cmd.exe lalu tekan enter.  Kemudian cek IP di command prompt anda dengan mengetikkan ipconfig.  Cari yang berawalan Wireless Adapter seperti berikut:

IP Config Windows

Terlihat di sana bahwa wireless adapter tersebut IP-nya 192.168.137.1.

Setting IP Address

Berdasar hal tersebut di atas yang harus kita lakukan adalah menyesuaikan alamat IP  yang dialokasikan dari hotspot yaitu antara 192.168.137.2 sampai dengan 192.168.137.254 di hp android.  Untuk itu kita harus merubah setting alamat hp android  kita dari statis menjadi dinamis.  Tiap-tiap jenis HP setting tersebut berbeda-beda letaknya.  Tapi sebagai gambaran saja anda bisa melihat gambar berikut:

  • Masuk ke menu setting wifi, lalu pilih SSID sesuai hotspot anda.
    Setting WIFI android
    Setting WIFI android
  • Pastikan bahwa password yang anda isi sudah benar, jika tidak maka harus mengkonfigurasi ulang dengan tap koneksi WIFI tersebut lalu memilih tombol lupakan setelah itu sambungkan lagi.
    Setting ulang WIFI android
  • Setting alamat IP anda menjadi statis dengan mencentang opsi lanjutan sesuai gambar di bawah.

set IP Statik Android

set ip statis android 2

Setting IP tersebut sifatnya menyesuaikan tergantung IP dari hotspot server anda.  Jadi misal IP hotspot anda berawalan 192.168.151. maka IP statik dari android anda juga harus mengikuti range tersebut, jadi anda bisa menyetting alamat IP 192.168.151.2 atau 192.168.151.3 dan lain sebagainya asal tidak melebihi 254.  Untuk setting IP statis ini penulis sarankan digit paling belakang mengambil yang terendah misal 192.168.137.5, karena untuk digit tinggi semisal 192.168.137.100 biasanya koneksi tidak stabil atau putus-putus.

Cara tersebut adalah cara sementara jika koneksi hotspot wifi anda gunakan sendiri.  Jika keluarga atau teman dekat yang kebetulan ingin terkoneksi tentu agak merepotkan jika harus setting IP statis.  Oleh karena itu kita harus memecahkan akar masalahnya.

Permasalahan tersebut terjadi biasanya pada laptop/PC yang jaringan internetnya menggunakan modem di mana hotspot Wifi diaktifkan dulu baru kemudian koneksi internet.  Oleh karena cara untuk koneksi harus kita balik yaitu menyalakan internet/modem dahulu kemudian hotspot wifi baru kemudian  setting internet connection sharing.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *