Berbagi File Android ke PC dengan HFS

Cara berbagi file android ke PC bisa bermacam-macam, ada yang dengan kabel atau jika via Wifi bisa membuat FTP Server.  Tapi  dari berbagai cara tersebut jika via WIFI anda harus butuh aplikasi tambahan semisal FTP client di android atau juga ES File Explorer.

Tapi hal tersebut tidak berlaku jika anda menggunakan HFS(HTTP File Server).  Software portabel yang berukuran kecil ini mampu membuat server sendiri layaknya apache http server dan bisa digunakan baik untuk upload maupun download file dan yang pastinya anda tidak perlu menginstall apapun di hp android, cukup gunakan browser bawaan Android anda sudah bisa transfer file ke PC ataupun unduh file dari PC ke Android dengan cukup mudah. Selain itu HFS juga punya fitur keamanan yang mumpuni karena tidak semua orang yang terhubung ke server bisa seenaknya mengakses file yang anda sharing.

Tidak seperti http server riil semacam nginx atau apache, untuk menyetting HFS caranya terbilang mudah bahkan untuk orang awam sekalipun.  Jika anda kurang paham masalah server anda bisa mengikuti petunjuk di bawah ini:

Cara Menjalankan File HFS

Karena HFS membutuhkan akses ke registry Windows ada baiknya running sebagai administrator.  Klik kanan hfs.exe lalu klik Run Administrator, jika muncul pesan “Do You want Allow the following program from an unkown Publisher to make changes to this computer” maka pilih Yes.

Setting Firewall

Jika ada pesan seperti gambar di bawah ini anda cukup klik allow saja.  Pesan itu menandakan bahwa server mereka diijinkan oleh Firewall untuk bisa diakses dari luar jaringan.

ijin akses Firewall HFS

Setting Port

Secara default port yang digunakan HFS adalah port 80 yang biasa digunakan pada http server.  Anda bisa merubah setting port tersebut dengan cara klik Menu->Other Options->Change Port lalu ubah menjadi sembarang.  Di contoh ini penulis mengubahnya menjadi 1111.

Ubah Port HFS

Berbagi File/Folder

Untuk berbagi file cukup klik kanan  seperti berikut:

add files / folder HFS

Jika sudah akan muncul pesan berikut:

Add folder ask HFS

Ada 2 opsi untuk berbagi file yaitu Real File dan Virtual Shared.  Perbedaannya adalah jika real nantinya folder tersebut bisa untuk menampung file upload, sedangkan Virtual file hanya bisa untuk download.

Setting keamanan File

Agar file/folder anda tidak bisa di akses sembarang orang maka klik folder yang dituju lalu klik Set user/password seperti berikut:

Set User Password HFS

Setting Hak Upload

Agar folder bisa digunakan untuk upload caranya klik kanan di folder yang anda tuju lalu klik properties, pilih tab permissions, lalu pilih tab Upload, centang Anyone seperti berikut:

Setting Hak Upload HFS

 

Akses File via Browser Android

Jika settingan sudah selesai anda bisa mengakses file/folder melalui browser android anda.  Ketik alamat ip+port komputer anda seperti berikut.

Berbagi file android ke PC

 

Jika anda menggunakan port 80 cukup dengan mengetikkan alamat IPnya saja.

Browse ke salah satu folder yang dituju, jika folder/file tersebut di set user dan password akan muncul pesan seperti berikut:

user password ask HFS

 

Jika sudah bisa terakses, sekarang anda bisa mengupload dan mendownload file dari android ke PC dengan cukup mudah.

Upload dan download file dengan HFS

 

Peringatan

Jika anda ingin mendownload dari google play sebaiknya matikan dahulu server HFS tersebut, jika tidak maka akan mendapat masalah yaitu getting stuck(download terus menerus).

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *