Komparasi LibreOffice Impress vs PowerPoint

Berdasar data yang dirilis secara resmi oleh pihak Libreoffice, ternyata pengerjaan software LibreOffice melibatkan ratusan kontributor dari seluruh dunia.  Mereka berkolaborasi satu sama lain membangun sebuah software gratis yang bisa dinikmati semua orang di belahan dunia.  Meskipun gratis karena dikerjakan secara bersama-sama bisa menghasilkan sesuatu yang tidak kalah berkualitas dengan produk yang berbayar. Demikian juga dengan LibreOffice Impress yang merupakan bagian dari LibreOffice.  Setelah ditelisik lebih lanjut ternyata fitur-fitur yang ada di LibreOffice Impress banyak lebih unggul atau bahkan tidak tersedia di PowerPoint.

Keunggulan LibreOffice Impress:

1. Konversi ke PDF

Semua produk LibreOffice bisa untuk konversi ke PDF begitu juga LibreOffice Impress.  Sedangkan untuk MS-PowerPoint untuk fitur tersebut harus menggunakan add-ins.

2. Konversi gambar

Konversi gambar di LibreOffice Impress lebih cepat dari PowerPoint.  Dengan cukup menekan tombol Convert to 3D atau convert to Polygon maka obyek 2D otomatis bisa langsung sesuai format yang diinginkan.  Bahkan anda bisa mengkonversi huruf dari textbox menjadi 3D,Fontwork(WordArt) atau Polygon dengan menu yang sama.

Menu Konversi gambar LibreOffice Impress

3. Animasi GIF

LibreOffice Impress menyediakan fitur untuk membuat animasi dalam bentuk Graphic Interchange Format(GIF) yang di mana di MS-PowerPoint tidak tersedia.

4. Kompresi Gambar

LibreOffice Impress menyediakan fitur kompresi gambar sehingga anda dapat membuat image menjadi blur dengan lebih mudah.  Tool ini di MS-Power Point tidak tersedia.

Kompresi Image LibreOffice Impress

5. Potong Gambar

LibreOffice Impress menyediakan fitur Crop atau potong gambar di mana MS-PowerPoint tidak ada.

CropImageLibreOfficeImpress

6. Handout Master

Fitur layout HandOut Master LibreOffice Impress bisa di custom, sedang MS-PowerPoint hanya menyediakan custom header dan footer saja.

Design HandOut LibreOffice Impress

Dan berikut contoh hasil print layout dari Handout Master tersebut:

Print Layout LibreOffice Impress

Meski dari fitur ada yang lebih unggul, tapi tetap ada kekurangan LibreOffice Impress dibanding PowerPoint.

Kekurangan LibreOffice Impress

1. Pemakaian Memori

File eksekusi LibreOffice Impress(simpress.exe) membutuhkan modul dari soffice.bin dimana file tersebut memakan memori yang cukup besar sekitar 100MB saat mulai dan saat running apalagi jika melibatkan gambar 3D bisa sampai 500MB.  Berbeda dengan PowerPoint yang hanya membutuhkan kurang lebih 1MB saja dan saat ada gambar 3D kurang dari 100MB.

2. Sering Terjadi Crash

LibreOffice Impress sering terjadi crash untuk pemakaian gambar yang membutuhkan memori tinggi misal gambar 3D atau ukuran piksel terlalu besar.  Tetapi hal tersebut jarang terjadi di Linux, karena di OS ini LibreOffice Impress pemakaian memorinya lebih kecil dan juga lebih stabil.

3. Motion Path

Motion Path di LibreOffice Impress hanya bisa dicustom sesuai format yang tersedia, berbeda dengan MS-PowerPoint yang menyediakan fitur freeline Motion Path sehingga kita bebas mengarahkan animasi ke mana saja.

4.  SmartArt

Fitur yang berguna untuk menggambar struktur organisasi ini tidak ada di LibreOffice Impress.  Dan mungkin karena sudah ada fitur connector jadi fitur ini kurang begitu digarap.

5. Template

Template PowerPoint lebih banyak daripada LibreOffice Impress.  Tetapi justru itu bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi LibreOffice Impress karena semua template Powerpoint bisa di konversi ke template LibreOffice Impress, tapi tidak dengan sebaliknya.

6. Slide Recording

Hingga LibreOffice 5(tahun 2017) LibreOffice belum mendukung fitur slide recording sedangkan fitur tersebut sudah ada di PowerPoint 2010

Perbandingan di atas berdasar LibreOffice Impress 5 terbaru(tahun 2017) dibandingkan dengan MS-PowerPoint 2010.  Sedang untuk tahun 2016 penulis belum mendapat datanya.

Tetapi jikalau MS-PowerPoint terbaru lebih unggul dari LibreOffice Impress tentunya hal yang wajar karena software berbayar tentu saja harus lebih baik daripada yang gratis.  Tetapi paling tidak dari gambaran tersebut di atas kita bisa menentukan software apa yang cocok bagi kita.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *