2 Browser Tanpa Javascript Untuk PC Jadul

2 browser ini tidak hanya ringan tapi benar-benar super ringan karena defaultnya browser-browser tersebut tanpa Javascript sama sekali.  Meski di browser terkenal ada fitur untuk mematikan Javascript, tetapi dari segi pemakaian RAM kedua browser tersebut jauh lebih ringan dan sangat cocok untup PC jadul karena browser tersebut hanya merender halaman HTML saja.  Adapun kedua browser tersebut adalah:

1.  OffByOne

OffByOne browser preview

OffByOne adalah browser jadul yang terakhir dirilis tahun 2006 dan hanya support HTML 3.2. OffByone menyediakan 2 versi yaitu SSL dan NoSSL support.  Tapi karena masih menggunakan teknologi jadul, SSL yang disertakan dalam browser tersebut ditolak oleh sebagian besar website sekarang sehingga anda tidak bisa menggunakannya untuk mengunjungi web yang berawalan HTTPS.

Di samping tidak bisa digunakan untuk halaman yang berawalan https, OffByOne juga tidak support redirect sehingga ketika anda mengunjungi alamat web yang diredirect(move permananently 301 atau move temporary  302) bisa dipastikan gagal.

Meski banyak kekurangannya tapi paling tidak kalau untuk sekedar baca-baca portal berita anda masih bisa mengunjungi web-web besar seperti berikut:

  1. Detik.com
  2. TribunNews.com
  3. Inilah.com
  4. Bintang.com
  5. OkeZone.com
  6. rmol.co.id
  7. LensaIndonesia.com
  8. Liputan6.com
  9. viva.co.id
  10. beritaterkini.co.id
  11. cnn.com
  12. antaranews.com

Dan berikut adalah web yang tidak bisa diakses:

  1. Facebook
  2. Youtube
  3. merdeka.com
  4. Kaskus
  5. republika
  6. dan lain sebagainya yang menggunakan protokol HTTPS.

Secara default OffByOne huruf yang dipakai terlalu kecil, untuk membesarkannya anda bisa mengklik enlarge font di menu browser tersebut.

2. Dillo

Dillo browser tanpa javascript

Berbeda dengan OffByOne yang sudah tidak dikembangkan, Dillo berdasar data rilis terakhir yaitu tahun 2015, sampai saat ini masih disupport oleh developernya meski agak lambat.  Dari segi tampilan browser yang dikembangkan dalam bahasa C dan C++ yang widgetnya menggunakan FLTK tersebut lebih bagus dari OffByOne.  Akan tetapi dari segi performa dan pemakaian memory OffByOne lebih unggul karena masih menggunakan HTML lawas(html 3.2) sedangkan Dillo sudah support HTML 5.

Keunggulan lannya Dillo dibanding OffByOne adalah sudah support SSL versi terbaru sehingga anda bisa mengakses halaman semacam FaceBook atau Youtube yang protokolnya HTTPS.  Selain itu Dillo mendukung Cross Platform sehingga dapat di Install di Windows dan Linux.  Berbeda dengan OffByOne yang hanya support Windows saja.

Update

3. NetSurf

NetSurf Web Browser

Dari segi rendering halaman Netsurf lebih baik dari dua browser tersebut.  Di samping itu browser yang ditulis dengan bahasa C++ ini juga mendukung SSL sehingga bisa mengunjungi web yang berawalan https.  Hanya saja Netsurf tidak support cookie sehingga tidak bisa digunakan untuk login ke website semacam Facebook.

 

 

Attachments

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Satu tanggapan untuk “2 Browser Tanpa Javascript Untuk PC Jadul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *