WPS Presentation Aplikasi Pengganti PowerPoint Berkualitas

Bagi anda yang sudah akrab dengan PowerPoint, anda bisa mencoba software atau aplikasi presentasi yang satu ini, di samping gratis juga karena fiturnya didesain mungkin mirip dengan software presentasi buatan Microsoft tersebut.  WPS Presentation yang juga merupakan bagian dari WPS Office adalah copy paste dari PowerPoint baik dari segi fitur ataupun tampilan.

WPS Presentasion software atau aplikasi pengganti PowerPoint

Software yang dibuat oleh KingSoft Office, sebuah perusahaan raksasa di China ini cukup bisa diandalkan untuk menggantikan PowerPoint.  Dan berikut adalah kelebihan-kelebihan dari WPS Presentation, sebagian sama dengan PowerPoint tetapi ada juga yang tidak dipunyai software buatan Microsoft tersebut:

1. Template Keren

Dengan template yang keren,beragam serta bisa diunduh langsung tanpa biaya apapun menjadikan presentasi anda kelihatan berkelas.   Untuk mengetahui sekilas contoh templatenya anda bisa lihat gambar tersebut di atas.

2. Fitur Konversi

WPS Presentation menyediakan konversi lengkap yaitu:

  • Konversi ke Video MP4.
    Anda tidak usah lagi konversi video secara manual, karena disoftware ini sudah disediakan fitur tersebut
  • Konversi ke PDF
    Sama halnya dengan LibreOffice Impress atau OpenOffice, WPS Office di semua aplikasinya menyediakan fitur tersebut
  • Konversi ke Word(fitur ini hanya tersedia untuk premium, sedang bagi free user hanya bisa konversi 5 halaman)

3. Support Multi Operating System

Seperti halnya LibreOffice atau OpenOffice, WPS bisa juga diinstall di Linux.  Di samping Linux dan Windows, produk mereka juga tersedia di Android dan Mac.

4. Cloud Storage(Penyimpanan Online)

Bagi free user mereka menyediakan cloud storage 1GB.  Sangat lebih dari cukup jika hanya untuk pekerjaan kantor yang sederhana.

5. MultiFormat File

Anda dapat membuka dan menyimpan presentasi anda dalam bentuk format PowerPoint

Capture Screen

Fitur ini ada di PowerPoint 2010, bagi yang masih menggunakan PowerPoint 2007 dan ingin merasakan fitur PowerPoint di atasnya anda bisa mencoba software ini.

Dan berikut adalah kekurangan dari WPS:

1. Belum support ekstensi/macro

Tidak seperti halnya MS-PowerPoint di mana presentasi bisa dimodifikasi dengan menggunakan Macro/ekstensi, fitur yang satu ini nampaknya belum  disediakan.

2. Pemakaian Memori

Seperti halnya aplikasi-aplikasi cross platform lainnya seperti LibreOffice atau OpenOffice, WPS juga menghabiskan memori yang cukup besar.

3. Bug di bagian tertentu

Software ini sepertinya belum stabil karena penulis menemukan bug di bagian motion path.  Memang motion path berhasil dibuat tetapi membutuhkan waktu yang sangat-sangat lama.

4. Animasi tidak sempurna

Animasi di software ini tidak berjalan dengan bagus jika anda menggunakan format file dari PowerPoint.

5. Konversi Video belum begitu bagus

Hal ini berlaku jika anda membuka file PowerPoint dengan software ini.  Sama seperti point sebelumnya, anda harus mengkonversi file PowerPoint anda ke WPS terlebih dahulu agar konversi ke video bisa berjalan bagus.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *