8 Browser mirip Chrome

Browser yang menggunakan Chromium Project(proyek yang digunakan untuk membuat Google Chrome) mempunyai ciri khusus:

  • Banyak sekali exe yang dieksekusi karena pembagian task perintahnya menggunakan process, hal ini berbeda dengan Gecko yang menggunakan threading sehingga hanya satu exe saja yang muncul di Task Manager.
  • Ekstensi mereka selalu di arahkan ke Google Chrome Store.  Perkecualian pada browser-browser tertentu karena browser tersebut sudah punya repository ekstensi sendiri maka web ekstensinya tidak di arahkan ke Google Chrome.
  • Cek dengan mengetik chrome://[menu]  di URL address bar browser.  Misal chrome://credits maka akan langsung menuju halaman kontributor, chrome://extensions langsung ke halaman ekstensi, chrome://settings menuju ke halaman settings dan lain sebagainya.

Dan berikut adalah daftar browser terkenal yang menggunakan Chromium Project sebagai enginenya, beberapa di antaranya tampilannya malah mirip Chrome:

Opera

Opera Browser

Opera menggunakan Chromium Project sebagai web enginenya sejak tahun 2013.  Browser yang didirikan oleh Jon Stephenson von Tetzchner and Geir Ivarsøy ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.  Bahkan di tahun 2017 ini mereka meluncurkan produk baru yaitu Opera Neon, sebuah terobosan fantastis teknologi opera.

Browser ini memang tidak menggunakan Chrome Web Store, tetapi mereka menggunakan Chromium sebagai web enginenya.  Untuk cek web engine opera apakah benar dari Chrome, anda bisa mengetikkan chrome://about, akan diredirect ke halaman opera://about.  Lihat di bagian bawah ada tulisan made possible by Chromium.

Vivaldi

Pembuat Vivaldi adalah Co-Founder Opera yaitu Jon Stephenson von Tetzchner and Tatsuki Tomita sehingga tidak heran, meski tampilan beda dengan opera tapi dari segi rendering page browser ini mirip Opera jaman dahulu.  Berbeda dengan Opera yang mempunya repositori ekstensi sendiri, Vivaldi web ekstensinya masih menggunakan Chrome Store.  Untuk mengetahui apakah enginenya menggunakan Chromium atau tidak anda bisa mengetikkan chrome://help di url address bar.

Yandex

Yandex browser

Yandex adalah web browser campuran, disamping menggunakan Chromium project, mereka juga menggunakan project opera yaitu opera turbo untuk mendukung kecepatan browsing.  Di samping menggunakan opera turbo Yandex juga menggunakan repository opera untuk ekstensi mereka.  Untuk mengetahui web browser enginenya anda bisa mengetikkan chrome://help di url address bar.

Baidu Browser

Baidu Browser

Browser buatan Baidu.inc, sebuah perusahaan raksasa China yang bergerak di bidang layanan web, ini di menu Aboutnya memang tidak ada keterangan apapun mengenai web browser enginenya.  Untuk mengecek web browser engine Baidu apakah sama dengan Google Chrome atau tidak, anda bisa mengunjungi halaman tentang baidu browser.

Epic Browser

Epic Browser

Browser dari India ini dikhususkan buat privacy browsing karena di samping menyediakan VPN juga memblock ads tracker dari website-website pemasang iklan dan juga enkripsi data.   Epic browser mempunyai repositori ekstensi sendiri dan tidak mengandalkan Chrome Extensions Store.  Untuk mengetahui web ini menggunakan Chromium anda bisa mengunjungi halaman about us web tersebut

 Citrio

Citrio Browser Elegan alternatif firefox

Browser  ini tampilannya memang mirip Chrome begitu juga web enginenya sama-sama menggunakan Chromium Project.  Perbedaannya cuma di halaman pencarian karena mereka menggunakan B1 sebagai search engine-nya, berbeda dengan Chrome yang menggunakan Google.  Untuk pencarian Google anda bisa menggunakan OmniBox di browser tersebut.  Untuk cek enginenya sama seperti browser lain anda bisa melalui menu atau mengetikkan chrome://help sedang untuk ekstensinya anda bisa gunakan Google chrome webstore.

Cowoon

Cowon Browser Paling Mirip Chrome

Sama dengan Citrio, Cowoon tampilannya sangat mirip dengan Chrome.  Selain tampilan, mesinnya sama-sama juga menggunakan Chromium. Untuk cek enginenya anda bisa mengetikkan chrome://help.  Untuk web ekstensinya Cowoon juga sama dengan Chrome yaitu menggunakan Google Chrome webstore.

Iridium

Iridium Browser

Selain menggunakan engine yang sama yaitu Chromium, Iridium browser design interfacenya 100% menyerupai Chrome.  Perbedaan dengan Chrome hanyalah mereka lebih fokus kepada Privacy pengguna dengan memblock ads tracker, membersihkan history dan cookie setelah browsing.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *