Cara Membuat HomeGroup Windows 7

Homegroup bisa dibuat syarat utamanya adalah PC atau komputer kita setting profil lokasinya adalah Home Network seperti berikut:

setting network

Jika anda membuat Home Network apabila HomeGroup belum dibuat, otomatis Windows akan memunculkan Wizard untuk membuat HomeGroup.  Akan tetapi jika wizard itu anda abaikan akan muncul saran/notifikasi untuk membuat HomeGroup seperti yang dilingkari warna merah berikut:

Notifikasi membuat Homegroup
Gambar 1

Notifikasi itu muncul selain saat mengabaikan perintah membuat Homegroup juga saat anda Leave HomeGroup.

Cara Membuat HomeGroup

Untuk membuat HomeGroup caranya sangat mudah, anda tinggal mengikuti Wizard saja.

Cara Membuat HomeGroup Windows 7

Klik Next maka Windows membuat password acak yang nantinya digunakan komputer lain jika ingin bergabung dengan HomeGroup yang anda buat seperti berikut:

HomeGroup Password

Klik Finish.  Agar password tidak terlalu rumit anda bisa mengubahnya melalui menu HomeGroup seperti gambar dilingkari merah berikut.

Menu HomeGroup

Lalu klik Change Password HomeGroup seperti gambar berikut:

Ubah Password HomeGroup

Untuk melihat password HomeGroup anda bisa menekan View or Print the HomeGroup Password, dan untuk meninggalkan HomeGroup anda tinggal menekan Leave HomeGroup seperti gambar di atas.

Jika homegroup sudah ada, sekarang tinggal kita setting di komputer client.  Pastikan terlebih dahulu profil jaringan komputer client adalah Home Network agar keluar notifikasi untuk bergabung seperti gambar yang dilingkari warna merah berikut:

Siap Bergabung HomeGroup

Klik join to homegroup, maka semua komputer dalam satu jaringan akan bisa akses sesama file atau folder.

Pengertian HomeGroup

Mengenai HomeGroup itu sendiri sebenarnya adalah sebuah User internal yang dibuat oleh Windows sendiri agar folder atau file bisa diakses secara bersama.  Tetapi user tersebut punya hak istimewa karena di Windows Context Menu sudah diberi shortcut buah menshared folder/file ke HomeGroup.

Context Menu Shared HomeGroup

Di samping Context(Pop Up) menu, shared folder HomeGroup juga bisa melalui Windows Explorer seperti berikut:

Windows Explorer Menu Shared HomeGroup

 

Karena hak istimewa itulah maka ketika suatu file/folder ditandai bisa dishared HomeGroup maka permisionsnya file tersebut ada hak akses HomeGroup seperti berikut:

 

Shared Folder HomeGroup

 

Jadi kesimpulannya untuk shared folder anda tidak harus membuat HomeGroup, tetapi jika anda ingin shared folder itu bisa dilihat komputer lain tanpa harus meminta permision terlebih dahulu maka pilihan terbaik adalah membuat HomeGroup.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *