7 Browser Mirip Mozilla Firefox

Dari segi GUI, browser yang menggunakan engine yang sama dengan Firefox yaitu Gecko tidak begitu menarik.  Tetapi mereka punya keunggulan sendiri karena support dengan add-ons yang sama dengan Firefox. Dan berikut ini daftar browser yang mirip dengan Firefox tersebut:

1. SeaMonkey

SeaMonkey Browser mirip Firefox

SeaMonkey adalah Gecko browser yang fitur utamanya adalah layanan email client.  Browser yang didevelop oleh Seamonkey Community dan disupport oleh Mozilla Foundation tersebut dari segi pemakaian RAM lebih ringan dari Firefox.  Meski berbendera sama, tetapi tidak semua add-ons dari Firefox bisa diinstall di SeaMonkey, salah satunya adalah ABP(addblock plus) yang hanya tersedia di Firefox saja.

2. K-Meleon

K-Meleon Browser ringan

K-Meleon fokus utamanya adalah kecepatan browsing dan juga pemakaian RAM.  Karena itulah browser tersebut didesain dengan fitur berbagai macam blocking di antaranya blocking popup, iklan, javascript, image, http referer, kill Java dan Flash hingga blocking warna sehingga menyisakan warna hitam dan putih saja.

3. WaterFox

Waterfox browser mirip firefox

Browser yang dibuat oleh Alex Kontos, seorang warga London lulusan Oxford University yang pernah menjadi kontributor Mozilla, ini dari segi pemakaian RAM lebih irit daripada Mozilla Firefox.  Di samping itu Waterfox “membunuh” fitur-fitur yang sekiranya tidak diperlukan yang ada di Firefox, semisal Telemetry, Pocket, data collection dan lain sebagainya.  Ada juga fitur lain yang unik dari Waterfox yaitu support NPAPI plugins(suatu plugins interaktif buatan Netscape yang cukup berat dijalankan di browser) dan juga menghilangkan security add-ons sehingga bisa untuk menginstall add-ons diluar dari repository Mozilla Firefox.

4. AirFox

Airfox browser mirip Firefox

Airfox adalah browser ringan yang menggunakan Gecko sebagai enginenya.  Karena ringan itulah halaman web yang dikunjungi “disensor” menjadi agak buram.  Selain itu airfox menyediakan fitur yaitu privacy data(clear history sesudah browsing), email client dan HTML Editor.

5. PaleMoon

Pale Moon browser mirip Mozilla Firefox

Pale Moon adalah open source proyek yang menggunakan Goanna, suatu engine yang merupakan cabang dari Gecko. Browser yang di buat oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh Mr. M.C. Straver BASc memfokuskan pada kecepatan browsing tanpa menghilangkan kenyamanan.

6. Tor

Tor Browser Mirip firefox

Tor adalah sebuah portabel browser yang fitur utamanya adalah privacy browsing.  Dengan menggunakan Tor aktivitas berselancar anda sulit terlacak karena dibelakang proxy.  Di samping itu Tor juga mempunyai fitur https everywhere sehingga semua aktivitas browsing anda dienkripsi dengan SSL.

7. AlienForce

AlienForce browsr mirip mozilla Firefox

AlienForce adalah browser yang dibuat oleh bangsa kita yaitu orang Kapuas Kalimantan Barat.  Browser tersebut semua fiturnya sama dengan Mozilla Firefox, perbedaanya adalah speed dial di mana hal tersebut sampai versi 53.0 ini belum ada di Firefox.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *