Daftar Browser Qt terbaik

Qt adalah cross-platform SDK yang digunakan sebagai user interface(tampilan).  Adapun software-software yang menggunakan Qt di antaranya adalah WPS, VirtualBox, Wireshark dan lain sebagainya.  Karena Qt bersifat cross platform, browser-browser yang berbasis Qt-pun bisa digunakan untuk sistem operasi apa saja.

Dibandingkan dengan browser yang menggunakan Gecko atau Chromium project, Qt browser ada sedikit kelebihan yaitu segi kecepatan dan lebih enteng karena memerlukan RAM yang lebih sedikit.  Dibawah ini perbandingan QtWeb jika dibandingkan dengan SeaMonkey di mana masing-masing browser mengunjungi web yang sama yaitu Youtube.

qt vs Seamonkey memory

Dengan pertimbangan tersebut jika anda menginginkan browser yang sedikit hemat RAM dan tanpa mengurangi banyak kenyamanan anda bisa mencoba browser-browser yang berbasis QT.  Dan berikut adalah daftar browser-browser tersebut:

1. QtWeb

qtweb Browser qt terbaik

Browser yang didevelop oleh LogicWare dan LSoftTechnologies ini punya fitur unggulan yaitu download management dan privacy blocking seperti halnya K-Meleon.  Berbeda dengan K-Meleon yang langsung crash saat mengunjungi website yang berat, QtWeb lebih stabil karena memunculkan pesan notifikasi untuk mematikan unresponsive javascript sehingga anda masih bisa browsing meski dari segi tampilan kurang begitu nyaman.

2. Dooble

Dooble Browser berbasis Qt

Dooble punya fitur andalan yaitu file manager(seperti windows explorer), konversi ke pdf dengan command prompt, download manager dan juga privacy browsing seperti block third party cookie.  Berbeda dengan QtWebkit yang memunculkan pesan unresponsive saat Javascript tidak terhandle, di Dooble script demikian langsung stop otomatis sehingga tampilan web yang dikunjungi jadi kurang enak dipandang.

3. Arora

Arora Browser Qt terbaik

Arora masih bersifat experimental sehingga belum support https untuk saat ini.  Ditilik dari fiturnya sekilas, kelebihan arora adalah blocking iklan dan autosave fill form.

4. Otter

Otter Browser

Otter adalah Qt web browser yang “normal”.  Tidak ada optimasi apapun di browser tersebut kecuali blocking ads dan itu saja terbatas sehingga ketika anda mengunjungi website sekelas lifehacker atau kaskus akan terasa sangat berat dengan browser tersebut.

5. Slimboat

SlimBoat browser qt terbaik

Browser ini paling lengkap fiturnya karena disamping menyediakan fitur download video, download manajer, autosave fill form dan juga konversi ke PDF.  Di tahun 2017 ini Slimboat sudah tidak disupport lagi oleh developernya dan user disarankan berpindah ke slimjet, suatu browser yang menggunakan Chromium project.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *