Cara menghemat RAM dan mempercepat browsing Firefox

Browser yang menggunakan Gecko dan Chromium project sebenarnya dari pemakaian RAM dan kecepatan tidak terlalu berselisih jauh hanya saja kadang ada fitur-fitur baru yang ditambahkan dari pihak developer dengan maksud untuk menambah layanan ke user tapi ternyata fitur baru tersebut malah menimbulkan efek negatif yaitu terjadi pemakaian RAM yang luar biasa berlebihan dan kadang juga menyebabkan kecepatan browsing menjadi lambat.

Cara Menghemat RAM FireFox

Dan berikut beberapa penyebab kenapa browser Mozilla Firefox anda terlalu banyak memakan RAM beserta cara mengatasinya:

Halaman Speed Dial

Speed Dial Firefox

Halaman speed dial seperti diatas kelihatan hal sepele karena hanya berisi daftar website yang sering dibuka.  Tapi seringkali user tidak menyadari bahwa saat klik new tab pertama kali setelah browser berlogo rubah api tersebut dieksekusi Firefox juga meload history dalam databasenya beserta screen shoot.  Penambahan memorinya memang perlahan tapi bisa melonjak hingga sampai 1GB.

Cara mengatasi

Jika anda masih ingin menggunakan fitur tersebut anda harus pantau pemakaian memori di task manager. Tunggu hingga pemakaian RAM mencapai puncak sekitar 1GB lalu kembali ke  normal  sekitar 500 MB setelah itu anda bisa browsing seperti biasa.  Atau jika tidak ingin menunggu terlalu lama anda bisa hilangkan halaman speed dial tersebut dengan cara:

  • Tekan tombol new Tab lalu pilih tombol Customize your new Tab Page.
  • Ganti Show your top sites dengan show blank page seperti gambar berikut:

Cara Menghemat Ram Firefox dengan menghapus history

Efek negatif dari cara ini adalah tidak adanya shortcut lagi dari website yang sering anda kunjungi.

Sinkronisasi Akun

Ini adalah fitur layanan dari firefox di mana data bookmark, history browsing, tabs, preferences(halaman setting) dan password di simpan secara online sehingga ketika anda membuka firefox di komputer lain maka semua data tersebut langsung tersinkronisasi.  Dan hal inilah yang menyebabkan Firefox anda saat pertama kali dibuka terasa berat karena semua data-data tersebut di atas diupload secara online ke akun Firefox anda.  Dan didukung kecepatan internet Indonesia yang lemot memaksa Firefox anda bekerja keras sehingga mengkonsumsi banyak RAM dan CPU.

Cara mengatasi:

  • Ketik about:preferences#sync di url address bar Firefox anda.
  • Tekan tombol disConnect seperti dalam gambar.

Cara menghemat RAM dengan Disconnect Sync Firefox

Add-ons

Add-ons dari segi pemakaian RAM tidak menyumbang terlalu banyak, tapi jika terlalu berlebihan juga menambah pemakaian RAM yang cukup signifikan.  Cara mengatasinya anda bisa meremove add-ons yang tidak berguna atau mendisablenya jika di kemudian hari ingin dipakai lagi.  Jika dibandingkan 2 hal di atas, add-ons tidak ikut berperan atas melambatnya kecepatan browsing.

Terlalu banyak tab

Usahakan untuk berpindah-pindah halaman untuk tidak membuka tab baru karena semakin banyak tab maka penggunaan memori pun semakin bertambah.

Cara Mempercepat Browsing di Firefox

Jika anda mengunjungi website, penyebab utama lambatnya browsing itu secara garis besar cuma ada 1 yaitu terlalu banyak iklan dari website yang dikunjungi.  Karena itu untuk mengatasinya anda bisa memasang beberapa ads-blocker sekaligus di antaranya:

  1. Adblock Plus.
  2. Ublock origin.
  3. Ghostery

Pemasangan beberapa add-ons tersebut berefek memory anda bertambah lumayan banyak tapi untuk kecepatan browsing akan bertambah cukup signifikan.

Browser Firefox memang termasuk dalam kategori browser kelas “berat” karena lebih mengutamakan kenyamanan daripada kecepatan dan memori.  Jika  browser ini digunakan untuk hal-hal yang penting penulis menyarankan untuk tidak mentweaknya karena jika salah tweak akan menyebabkan terjadi crash. Lebih baik anda menggunakan browser yang memang dirancang supaya ringan dan cepat semacam K-Meleon atau salah satu dari browser Qt.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *