8 Aplikasi pengganti MS-Paint di Windows

Memang Microsoft Paint jika digunakan untuk edit atau desain gambar sederhana sebenarnya sudah cukup memenuhi keinginan user.  Bahkan jika seseorang tersebut mempunyai jiwa seni yang cukup tinggi bisa menghasilkan gambar yang berkualitas bagus.

Tetapi karena alasan kompleksitas pekerjaan dan juga kecepatan desain tidak ada salahnya anda mencoba beberapa software pengganti Microsoft Paint berikut.  Software-software tersebut memang tidak secanggih Adobe Photosop atau Corel Draw, tetapi paling tidak anda lebih bisa mempersingkat waktu mendesain gambar yang lumayan kompleks.  Dan berikut adalah daftar software atau aplikasi pengganti MS-Paint yang bisa anda install di Windows:

1. Pinta

Pinta Pengganti MS-Paint

Dengan lebih dari 30 efek yang tersedia Pinta memang lebih cocok untuk edit foto daripada drawing yang hanya menyediakan beberapa bentuk geometri yaitu persegi panjang, persegi panjang melengkung, elipse dan tak beraturan.

2. MtPaint

Sama seperti halnya dengan Pinta, MtPaint fitur yang tersedia lebih fokus ke edit gambar atau foto dibandingkan dengan drawing.  Malah software ini lebih ekstrim lagi karena untuk drawing hanya menyediakan tool pensil.

3. Krita

Krita pengganti Microsoft Paint

Krita adalah sebuah software yang menggunakan KDE Desktop sehingga lebih cocok digunakan di Linux.  Meski demikian software ini mampu berjalan di Windows meski agak sedikit menguras memori.

Seperti halnya dengan dua software di atas, Krita tidak terlalu banyak menyediakan bentuk geometri.  Gambar geometri yang ada hanyalah persegi panjang, bulat atau elips selebihnya menggambar bebas.

4. LazPaint

LazPaint aplikasi pengganti Microsoft Paint

LazPaint adalah software editor gambar yang menggunakan bahasa Pascal dengan menggunakan Lazarus sebagai IDE-nya.  Dari segi memori LazPaint memang termasuk ringan dibandingkan ketiga software tersebut di atas.

Ditilik dari fitur pewarnaan dan efek Lazpaint memang lebih unggul dari MS-Paint.  Hanya saja software ini sama dengan 3 software tersebut di atas yaitu tidak terlalu banyak tersedia bentuk geometri.

5. Paint.Net

Paint.Net pengganti MS-Paint terbaik

Paint.Net adalah MS-Paint plus karena shape yang dipunyai MS-Paint hampir semuanya ditiru dilengkapi dengan berbagai efek yang hampir sama dengan software-software tersebut di atas.  Karena menggunakan Net Framework versi 4.5 ke atas, Paint.Net hanya bisa digunakan untuk Windows 7 ke atas.

6. Artweaver

ArtWeaver pengganti MS-Paint terbaik

Di samping menyediakan fitur efek untuk editing gambar, ArtWeaver juga menyediakan custom shape yang lebih lengkap dari Paint.Net.  Software ini cocok bagi mereka yang ingin drawing secara instant.

7. Gimp

Gimp software pengganti MS-Paint

Tool drawing pada software Gimp yang tersedia hanya pensil saja.  Tetapi software ini punya keunggulan lain yaitu rendering dan efek lebih lengkap dan juga pembuatan logo secara instant.

8. MyPaint

MyPaint

Kelebihan MyPaint sebagai software gambar adalah bentuk brush yang bermacam-macam.  Sama seperti halnya MtPaint atau Pinta, MyPaint juga tidak menyediakan shape yang bermacam-macam.

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *