Beberapa cara edit PDF Offline dengan software gratis

Untuk mengedit PDF secara offline tidak ada satupun software yang benar-benar gratis.  Meski demikian anda bisa menggunakan beberapa software berikut agar bisa edit PDF secara gratis meski masih tidak sesempurna jika menggunakan software berbayar:

1. Install WPS Office

WPS writer, salah satu software dari WPS Office mempunyai kemampuan untuk membaca file PDF.  Di samping itu WPS Office menyediakan tool untuk eksport PDF ke file dokumen.  Untuk mengedit file PDF anda bisa mengeksport file tersebut ke file dokumen, edit dokumen yang dieksport tersebut lalu jika sudah selesai anda bisa konversikan lagi ke file PDF.

Kelemahan:

  • Fitur Export PDF ke Word membutuhkan SDK yang harus diinstall secara online.
  • Untuk versi gratis hanya dibatasi 5 halaman.

2.  Install LibreOffice

Edit PDF dengan LibreOffice Draw

Aplikasi LibreOffice Draw mempunyai kemampuan membaca dan mengedit PDF.  Hanya saja untuk editingnya anda tidak bisa menyimpan secara langsung melainkan harus dieksport lagi ke file PDF baru.

Kelemahan:

  • Rendering PDF kurang begitu bagus tidak seperti Foxit Panthom Reader.

3. Install AbleWord

AbleWord PDF Editor Gratis

AbleWord mempunyai kemampuan komplet karena bisa membaca berbagai macam format dokumen.  Software ini paling penulis anjurkan karena paling simpel digunakan.  Tidak seperti software lainnya, AbleWord dapat menyimpan PDF secara langsung tanpa harus konversi ke tipe dokumen lain lagi.

Kelemahan:

  • Jika ukuran file PDF sangat besar terjadi error system out memory exception dan file tidak bisa dibuka.
  • Render PDF juga kurang begitu bagus.

4. Install Foxit PDF Reader

Foxit PDF Reader versi terbaru sudah mendukung writing ke PDF.  Hanya saja kelemahan software ini adalah tidak bisa menghapus tulisan atau gambar yang sebelumnya sudah ada.

5. Pasang Xodo PDF Editor Extensions

Jika anda menggunakan Chrome browser anda bisa menggunakan ekstensi Xodo.  Ekstensi ini fungsinya sama dengan Foxit PDF Reader yaitu  hanya bisa digunakan untuk menulis saja.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *