10 Fakta Menarik Tentang Mozilla Firefox

Sebagai salah satu browser tertua di mana rilis pertamanya adalah bulan November tahun 2004, browser yang source codenya mengambil dari browser Netscape Navigator tersebut menyimpan berbagai cerita yang menarik yaitu:

1. 89 Bahasa

Dari segi bahasa Firefox adalah browser multibahasa paling lengkap di dunia.  Di samping Inggris ada 88 bahasa lainnya yang tersedia di browser tersebut termasuk juga bahasa Indonesia.  Anda bisa mendownload Firefox dalam bahasa lainnya anda bisa mengunjungi halaman multilanguage browser mereka.

2. 10 ribu sukarelawan

Firefox adalah free dan opensource browser di mana coding mereka 40% di sumbang oleh 10 ribu lebih sukarelawan atau di sebut Mozillian dari seluruh penjuru dunia.

3. Domain Firefox

Sebelum menggunakan domain mozilla.org Firefox dahulu bernama getfirefox.com.  Jika anda menelusuri di Who Is, domain tersebut masih menjadi milik Mozilla dan jika anda mengklik link tersebut di atas akan diredirect ke alamat mozilla.org

4. Pemecah Guiness Book Of Record

Hal itu terjadi pada tanggal 17 Juni 2008 saat Mozilla Firefox 3 di luncurkan di mana 8 juta lebih orang dari seluruh penjuru dunia mendownload Firefox dalam kurun waktu 24 jam.

5. Browser Populer

Firefox dipakai 1/2 milyar penduduk bumi atau sekitar 6,6 % dari seluruh penduduk dunia yang saat ini diperkirakan mencapai 7,5 Milyar.

6. MultiProcess

Jika Firefox versi lawas masih menggunakan single process, guna mendukung kecepatan untuk versi 50 ke atas browser tersebut sama dengan Chrome yaitu menggunakan multiprocess.  Hanya saja MultiProcess di Firefox tidak sebanyak Chrome karena untuk saat ini maksimal process di Firefox masih cuma 4.

7.  Penghentian dukungan terhadap Windows XP dan Vista

Sejak bulan Maret tahun 2017 Firefox menghentikan dukungan update terhadap 2 sistem operasi tersebut.  Sebagai penggantinya bagi user yang masih menggunakan sistem operasi lawas tersebut Firefox menyediakan versi extended support release.

8. IceCat

Karena dianggap tidak sesuai dengan asas Free Software, gnu.org membeli lisensi dari Mozilla dan melabeli browser yang dibuatnya dengan nama IceCat.  Browser yang berdasar IceCat project sama dengan Firefox hanya saja versi terbarunya lebih lambat sedikit dari Firefox.

9. Source code Firefox

Karena Firefox bersifat opensource maka setiap orang bebas mendownload dan memodifikasi source code dari browser tersebut.  Jika anda seorang developer anda bisa mendownloadnya melalui GitHub.

10. Web Framework Mozilla.org

Mozilla.org sebagai situs penyedia browser Firefox dibangun dengan menggunakan Jango, suatu web Framework yang menggunakan python sebagai bahasa pemogramannya.

Sumber:

https://blog.mozilla.org/press/ataglance/

https://www.mozilla.org/en-US/contribute/

https://blog.mozilla.org/futurereleases/

 

 

 

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *