Daftar Situs Download Software Gratis

Bagi para kalangan penggiat download  tentu tidak asing dengan situs semacam download.com(download.cnet.com), FileHippo, Softonic atau sourceforge.net yang menyediakan berbagai macam freeware ataupun opensource. Tetapi tahukah anda selain 4 situs tersebut ada situs-situs portal download lainnya yang menyediakan software gratis baik itu Freeware ataupun OpenSource. Tidak seperti softonic atau cnet di mana untuk mendownload file harus berliku-liku dengan diredirect ke halaman-halaman tertentu, situs-situs download file dibawah lebh ringkas karena tidak banyak link redirectnya.  Dan berikut ini adalah daftar situs tersebut:

1. FilePony

FilePony Situs Download Software

Situs portal download software dari Jerman ini mengkhususkan diri pada Freeware dan OpenSource.  FilePony berusaha menjaga kepercayaan pada user mereka dan menjamin software yang direview adalah benar-benar berkualitas, bebas dari malware, spyware dan juga pop ups yang mengganggu karena itu software yang ada di web tersebut tidak terlalu banyak.  Dengan kapasitas server yang cukup besar yaitu 100MB per koneksi menjamin bahwa anda dapat mendownload file di server tersebut dengan kecepatan tinggi.

2. FreeWareFiles

FreewareFiles.Com

Jumlah file di situs portal download dari San Antonio Texas ini cukup banyak yaitu sekitar 18000 file.  Situs ini mengkhususkan diri pada Freeware dan OpenSource.

3. SnapFiles.

SnapFiles

Situs yang berdiri sejak tahun 1997 ini dahulu bernama webattack.com.  Di samping freeware snapfiles juga mengakomodir shareware untuk direview.  Di samping itu snapfiles juga menyediakan menu editor selections di mana software yang termasuk kategori tersebut adalah software yang paling direkomendasikan untuk dipakai.

4. TheDataList

TheDataList

Situs ini sudah lama tidak diupdate dimana update terakhirnya adalah bulan September tahun 2013.   Karena itu situs tersebut lebih cocok bagi anda yang mencari freeware-freeware lama atau langka yang sulit anda search via google.

5. OlderVersion

OldVersion.com

Mungkin bagi orang awam software versi terbaru adalah yang terbaik. Tapi bagi orang yang paham IT tidak selalu berpendapat demikian karena ada kalanya software-software lawas malah lebih stabil atau lebih menyesuaikan hardware yang ada.  Dengan alasan itulah OldVersion lahir untuk mengakomodasi user-user yang masih ingin menggunakan software versi lawas.

6. WinWorldPC

WinWorld

Jika anda ingin mencari Windows 98 atau Windows 2000 atau software-software tua lainnya yang masuk kategori abandonware anda bisa mengunjungi situs tersebut.

7. FSF Directory

Free Software Directory

FSF Directory bukanlah situs download file tetapi hanya sebagai portal informasi dari free software sesuai yang ada di ketentuan dari GNU GPL.

8. A + Freeware

A Freeware Home Situs Download Software Gratis

A+ Freeware mengkhususkan pada freeware-freeware yang menggunakan sistem operasi Windows. Karena bukan situs penyedia download maka semua software yang direview di situs tersebut harus mempunyai website sendiri. Meski demikian untuk software tertentu anda bisa mendownload langsung dari situs tersebut.

9. FreeWare Guide

FREEWAREGUIDE

Situs ini mengkhsusukan dirinya sebagai portal download freeware khusus Windows 64bit.

10. 100-downloads

100 downloads.com situs download Freeware

Situs yang berdiri tahun 2005 ini menyediakan 700 lebh file freeware yang terdiri dari 15 kategori.

11. Pendriveapps

Pendriveapps Situs Download Portable FreeWare

Pendriveapps adalah situs yang khusus mereview portable freeware.

12. FossHub

FossHub Situs Dowload Freeware dan OpenSource

Fosshub adalah situs download yang khusus mereview software-software opensource dan freeware.  Situs ini dulunya sempat diterpa isu adanya malware, tapi berdasarkan penjelasan di about us bahwa mereka menjamin sotware-software yang didownload di situs tersebut bebas dari malware, virus dan iklan.  Dan berdasar pengalaman penulis sendiri yang pernah mendownload dari situs tersebut juga tidak mengalami kendala apapun.

Sebenarnya ada beberapa situs lagi yaitu freeartsoftware.com, bearware.info/archive, filehoo.com dan datapicks.com, tapi penulis tidak anjurkan karena setelah penulis review situs-situs tersebut link downloadnya banyak yang sudah mati.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *