Perbedaan Unik LibreOffice Calc, OpenOffice Calc dan MS-Excel

Meski fungsi dari fitur-fitur di bawah ini sama, ternyata baik Microsoft Excel, OpenOffice Calc dan LibreOffice Calc mempunyai perbedaan-perbedaan tersendiri.  Dan berikut ini adalah perbedaan-perbedaan tersebut:

Sheet

Saat aplikasi pertama kali dibuka OpenOffice Calc dan MS-Excel secara default menyediakan 3 sheet, akan tetapi LibreOffice Calc hanya tersedia 1 sheet seperti gambar berikut:

LibreOffice Calc Sheet

Auto Number(nomor berurutan)

Auto Number LibreOffice Calc

Jika di excel untuk membuat auto number seperti gambar di atas dengan cara mengetik angka 1,2 terus di sorot sampai keluar tanda + lalu tarik cursor mouse maka untuk OpenOffice Spreedshet dan LibreOffice Calc hanya cukup ketik angka 1 setelah itu baru seret cursor mouse.

 Copy Paste Angka

Jika di Excel untuk copy paste anda tinggal ketik angka lalu seret cursor mouse, akan tetapi di OpenOffice Calc dan LibreOffice Calc hampir mirip dengan cara membuat auto number di excel yaitu anda harus mengetik angka tersebut 2 kali di cell yang berurutan lalu sorot cell tersebut setelah itu baru tarik cursor mouse.  Lihat gambar berikut untuk lebih jelas:

Copy Paste Angka LibreOffice Calc

Clear Cells

Jika di MS-Excel untuk clear Cells anda tinggal blok lalu klik kanan terus Clear Contents seperti yang dilingkari warna merah berikut: