Perbedaan Unik LibreOffice Calc, OpenOffice Calc dan MS-Excel

Meski fungsi dari fitur-fitur di bawah ini sama, ternyata baik Microsoft Excel, OpenOffice Calc dan LibreOffice Calc mempunyai perbedaan-perbedaan tersendiri.  Dan berikut ini adalah perbedaan-perbedaan tersebut:

Sheet

Saat aplikasi pertama kali dibuka OpenOffice Calc dan MS-Excel secara default menyediakan 3 sheet, akan tetapi LibreOffice Calc hanya tersedia 1 sheet seperti gambar berikut:

LibreOffice Calc Sheet

Auto Number(nomor berurutan)

Auto Number LibreOffice Calc

Jika di excel untuk membuat auto number seperti gambar di atas dengan cara mengetik angka 1,2 terus di sorot sampai keluar tanda + lalu tarik cursor mouse maka untuk OpenOffice Spreedshet dan LibreOffice Calc hanya cukup ketik angka 1 setelah itu baru seret cursor mouse.

 Copy Paste Angka

Jika di Excel untuk copy paste anda tinggal ketik angka lalu seret cursor mouse, akan tetapi di OpenOffice Calc dan LibreOffice Calc hampir mirip dengan cara membuat auto number di excel yaitu anda harus mengetik angka tersebut 2 kali di cell yang berurutan lalu sorot cell tersebut setelah itu baru tarik cursor mouse.  Lihat gambar berikut untuk lebih jelas:

Copy Paste Angka LibreOffice Calc

Clear Cells

Jika di MS-Excel untuk clear Cells anda tinggal blok lalu klik kanan terus Clear Contents seperti yang dilingkari warna merah berikut:

Clear Contents MS Excel

Akan tetapi di OpenOffice SpreedSheet dan LibreOffice Calc ada opsi yang bisa dipilih yaitu Text, Datetime, Object, Number, Formulas dan Formats atau semua opsi seperti gambar berikut:

Clear Cells LibreOffice Writer

Hyperlink

Jika di Excel untuk membuat hyperlink harus satu cell keseluruhan tetapi tidak dengan OpenOffice Calc dan LibreOffice Calc.  Anda bisa membuat hyperlink dengan cukup menyorot sebagian atau seluruh isi cell lalu klik menu hyperlink. Dan di bawah ini gambar perbedaan tersebut:

Hyperlink OpenOffice Calc dan MS Excel

Penjumlahan Rekursi

Yang dimaksud penjumlahan rekursi adalah fungsi SUM yang juga mengambil data dari cell hasil.  Contoh hasil SUM ada di cell A6, sedang fungsi SUM-nya adalah SUM(A1:A6) maka hal itu disebut penjumlahan rekursi karena kolom A6 yang harusnya tidak boleh termasuk ikut juga disertakan.  Lihat gambar berikut untuk lebih jelas:

Penjumlahan Rekursi MS Excel

Jika di Excel penjumlahan rekursi di atas menghasilkan 0 setelah sebelumnya ada pesan reference warning akan tetapi berbeda dengan LibreOffice Calc dan OpenOffice Calc.  Hasil penjumlahan rekursi tersebut menghasilkan kode error Err:522 seperti gambar berikut:

Penjumlahan Rekursi LibreOffice Calc

Format Cells Boolean

Jika di Excel tidak ada format BOOLEAN maka di OpenOffice Calc dan LibreOffice Calc ada tipe format tersebut di mana angka 0 menghasilkan “False” atau “Salah” jika formatnya Bahasa Indonesia sedang angka lainnya adalah “True” atau “Benar”.  Perhatikan gambar berikut untuk lebih jelas:

Format cells Boolean LibreOffice Calc

Uniknya saat angka yang di format tersebut disort maka urutannya adalah sesuai dengan angka bukan sesuai dengan format.

Format Cells Tanggal/Date

Tanggal di Excel di mulai dari 00/01/1900 sedangkan LibreOffice Calc dan OpenOffice Calc di mulai dari 31/12/1899.  Sebagai percobaan anda ketik angka 1 di cell masing-masing software tersebut lalu klik menu format tanggal maka terlihat jelas perbedaannya seperti gambar berikut:

Format Date MS Excel dan LibreOffice Calc

Merge Cells

Merge Cells sesuai aturan yang berlaku adalah menggabungkan beberapa cells di mana hanya satu cells saja yang boleh terisi datanya.  Tetapi ada kalanya kita secara sengaja atau tidak sengaja menggabungkan cells yang masing-masing sudah ada datanya.

Jika terjadi hal tersebut:

Excel

Keluar pesan warning “The selection contains multiple data Value.  Merging into one cells will keep the upper-left most data only” seperti berikut:

Pesan Merge Cells MS Excel

Dan data hasil merge yang di ambil adalah data paling kiri atas dari cells seperti berikut:

Merge Cells MS Excel
Merge Cells MS Excel

Open Office Calc

Akan keluar pesan “Should the contents of the hidden cells moved into the first cells” seperti gambar berikut:

Pesan Merge Cells OpenOffice Calc

  • Jika anda menjawab yes berarti seluruh data dari beberapa cells tersebut digabung menjadi satu seperti berikut:

    Merge Cells OpenOffice Calc
    Merge Cells OpenOffice Calc
  • Jika anda menjawab No maka akan seperti Merge Cells di Excel, hanya data cells kiri atas yang akan di tampilkan.

LibreOffice Calc

Akan keluar pertanyaan seperti gambar di bawah berikut:

Pesan Merge Cells LibreOffice Calc

  • Jika anda memilih “Move the Contents of the hidden cells into first cells” maka semua data dari cells yang di gabung akan menjadi satu seperti gambar Merge Cells OpenOffice Calc di atas.
  • Jika anda memilih “Keep the contents of the hidden cells” maka data cells paling kiri atas yang akan ditampilkan sedang yang lain disembunyikan.  Jika anda klik lagi split cells maka data yang lain akan terlihat lagi.  Hal ini sama seperti Merge Cells di MS Excel
  • Jika anda memilih “Empty the contents of the hidden cells” maka data cells paling kiri atas ditampilkan sedang yang lain dihilangkan.  Jika anda klik lagi split cells maka semua data dari cells yang dimerge tersebut sudah hilang.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *