Cara Penjumlahan Tabel di MS Word, LibreOffice Writer dan OpenOffice Writer

Karena bukan sebagai software pengolah angka, penjumlahan di MS Word atau LibreOffice Writer/OpenOffice Writer tidak sefleksibel seperti halnya di MS Excel atau LibreOffice/OpenOffice Calc.  Meskipun demikian hal tersebut bukan jadi kendala berarti jika anda hanya ingin mengetahui jumlahnya saja.

Langkah awal penjumlahan di tabel tentu saja adalah membuat tabel seperti gambar berikut:

Tabel MS Word

Lalu taruh cursor mouse di cell yang akan dijumlah setelah itu lakukan langkah berikut:

Penjumlahan Tabel di MS Word

Buka menu Layout lalu klik menu Formula seperti gambar berikut:

Akan tampil form seperti berikut:

Formula Form MS Word

Di sana ada fungsi bernama =SUM(ABOVE). Fungsi tersebut untuk menjumlah baris tabel di atasnya. Jika anda ingin menjumlah baris di bawahnya anda bisa mengganti dengan =SUM(BELOW) , jika anda ingin menjumlah kolom di sebelah kiri gunakan fungsi =SUM(LEFT) dan sebaliknya jika ingin menjumlah kolom di sebelah kanan gunakan fungsi =SUM(RIGHT).

Selain fungsi di atas anda juga bisa menggunakan fungsi seperti di Excel misal =SUM(A1:B8), menjumlahkan cell range A1 hinggal B8. Fungsi seperti di Excel ini punya kelebihan yaitu bisa menskip baris-baris yang bukan berisi angka,

Jika hasil yang anda inginkan sudah terformat pilih Number Format yang ada, setelah itu klik OK.

Penjumlahan Tabel di LibreOffice Writer dan OpenOffice Writer

Klik menu SUM seperti gambar berikut:

SUM TABEL LibreOffice Writer

Gambar di atas adalah untuk LibreOffice Writer, sedangkan untuk OpenOffice Writer menu SUM-nya terletak di gambar di bawah ini:

sum tabel OpenOffice Writer

Kemudian sorot Range yang akan di jumlah seperti gambar berikut:

Penjumlahan di OpenOffice Writer

Jika sudah selesai lalu tekan enter.

Selain dengan cara tersebut anda juga bisa langsung dengan menulis =SUM(<A1:B3>) di cell yang akan dijumlah di mana A1:B3 adalah range cell penjumlahan seperti gambar berikut:

Sum Tabel Manual LibreOffice dan OpenOffice WriterSeperti yang di utarakan di awal paragraf yaitu ketidak fleksibelan pengolahan angka di tabel, maka jika seumpama terjadi perubahan di cell-cell tabel anda tetap harus mengulang lagi langkah-langkah penjumlahan tabel seperti tersebut di atas.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *