Perbedaan Unik LibreOffice Writer, OpenOffice Writer dan MS Word

Meski OpenOffice Writer dan LibreOffice Writer berasal dari satu project opensource OpenOffice akan tetapi 2 software tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan tertentu. Apalagi jika dibandingkan dengan Microsoft Word jelas sangat jauh bedanya. Tetapi di tulisan ini penulis tidak membahas perbedaan fitur di ketiga software tersebut tetapi mencoba mengungkap ciri khas masing-masing software dari fitur yang sama. Dan inilah perbedaan-perbedaan tersebut:

Numbering List

Jika anda menulis angka 1. <tulisan anda> lalu tekan enter di OpenOffice Writer maka secara otomatis menjadi Numbering List seperti gambar berikut:

Number List OpenOffice Writer

Akan tetapi di MS-Word dan LibreOffice Writer hal tersebut tidak berlaku. Cara yang disebutkan di atas di kedua software tersebut hanya akan menjadi paragraf biasa. Sedang untuk membuat Numbering List harus memakai cara biasanya yaitu blok paragraf yang akan di list kemudian klik menu Numbering seperti yang dilingkari warna merah berikut:

Menu List Number MS Word

Bullets List

Jika anda menulis karakter “-“, “+” atau “*” (tanpa tanda petik) diikuti spasi lalu diikuti tulisan anda kemudian tekan enter, di OpenOffice Writer maka akan menjadi Bullets List. Untuk karakter “-” bullet listnya adalah tetap “-” sedangkan “+” atau “*” akan menjadi dot bullet di tengah seperti gambar berikut:

Bullets List OpenOffice Writer

Akan tetapi cara tersebut di atas tidak berlaku di LibreOffice Writer dan Microsoft Word. Untuk membuat bullet list anda tetap memakai cara biasa yaitu blok paragraf yang akan di bullet lalu tekan menu bullets.

Penjumlahan Tabel

Seperti yang telah dijelaskan di artikel penjumlahan di MS Word, OpenOffice Writer dan LibreOffice Writer, untuk penjumlahan tabel di MS Word hanya bisa melalui menu Formula , sedangkan LibreOffice Writer dan OpenOffice Writer langsung bisa di cell tabel dengan cukup mengetikkan =SUM(<A1:B5>) di mana A1:B5 adalah range cell yang akan dijumlahkan seperti gambar di bawah ini:

Sum Tabel Manual LibreOffice dan OpenOffice Writer

Line Paragraph

Coba buka salah satu dokumen anda terutama paragraf bertipe left. Ketik karakter “-” (tanpa tanda kutip) beberapa kali di depan awal garis seperti yang dilingkari warna merah berikut.

Line End MS Word

Jika di MS Word maka karakter “-” tersebut akan muncul di baris atasnya seperti yang dilingkari warna biru.

Akan tetapi baik di LibreOffice Writer dan OpenOffice Writer karakter “-” tetap muncul di awal baris seperti gambar berikut:

Line End LibreOffice Writer

Sebagai percobaan silahkan salin tulisan seperti yang tertera di gambar di bawah berikut di MS Word atau LibreOffice Writer/OpenOffice Writer.


Sehubungan dengan kesepakatan kerja ini kedua belah pihak sepakat untuk mengikuti peraturan dan atau berbagai ketentuan perundang-undangan dalam bidang ketenagakerjaan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia

Lalu lakukan langkah seperti yang tersebut di atas niscaya akan terlihat dengan jelas perbedaannya.

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *