Pengertian Widow dan Orphan Control MS Word

Pada saat memformat suatu paragraf seperti gambar yang dilingkari berikut terdapat pilihan Widow/Orphan control.  Lalu apakah yang di maksud dengan widow/orphan control?

Setting Paragraph MS Word

Widow/Orphan control berguna saat paragraf mengalami perpindahan halaman.  Fungsi setting Widow dan Orphan control tersebut adalah mengatur jumlah baris minimal yang ada di suatu halaman yang paragrafnya terpotong karena terjadi pindah halaman.  Di Microsoft Word setting tersebut adalah 2 baris, sedang pada LibreOffice Writer atau OpenOffice Writer anda bisa mengaturnya sendiri tetapi minimal adalah 2 baris.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut:

Paragraf Widow Orphan Control MS Word

Kita anggap halaman yang dipisah tersebut adalah halaman 1 dan berikutnya adalah halaman 2.

Jika anda mencentang pilihan Widow/Orphan Control maka baris minimal paragraf tersebut di halaman 1 adalah 2 baris sedangkan sisanya masuk ke halaman berikutnya.  Jika anda mengenter lagi maka paragraf itu akan meloncat ke halaman 2 karena aturan tersebut mengharuskan minimal 2 baris pada suatu paragraf di halaman sekarang(halaman 1 kalau di contoh).  Contoh tersebut di sebut dengan Widow.

Sedangkan Orphan adalah kebalikannya yaitu mengatur minimal jumlah baris akhir di suatu paragraf yang bisa masuk ke halaman berikutnya.  Untuk lebih jelasnya lihat contoh paragraf di gambar atas. Terlihat di gambar tersebut baris akhir suatu paragraf yang masuk di halaman 2 adalah 2 baris.  Jika anda menekan backspace maka 2 baris terakhir akan masuk halaman 1.  Hal ini dikarenakan pilihan Orphan mengharuskan minimal 2 baris terakhir yang bisa masuk halaman berikutnya.  Semisal dalam paragraf tersebut hanya 3 baris, jika anda tekan enter maka seluruh paragraf itu akan masuk halaman 2.

Setting Widow/Orphan control itu tidak berlaku jika:

  • Paragraf hanya ada satu baris.
  • Paragraf yang panjang sekali yang memenuhi satu halaman.  Meski 1 baris terakhirnya ada di halaman berikutnya Widow/Orphan Control tidak bisa mengatasi hal tersebut.

 

 

anasmbahdien

Seorang programmer yang menguasai bahasa pemograman Delphi, VB.NET, PHP dan Android. Untuk hasil karya kunjungi mogotekno.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *